Fungsi dan Manfaat Kop Surat bagi Perusahaan

Fungsi dan Manfaat Kop Surat bagi Perusahaan

Kepala surat atau lebih sering dikenal dengan kop surat adalah identitas lembaga ataupun perusahaan yang tertera di bagian atas sebuah surat. Kepala surat ini biasanya terdiri dari nama instansi atau lembaga, logo, alamat, email, nomor telepon, faksimile, dan sebagainya. Kepala surat bagi perusahaan banyak dipakai untuk penulisan surat resmi yang ditujukan kepada pihak lain yang mempunyai kepentingan bagi perusahaan tersebut. Bagi banyak lembaga, kepala surat menjadi satu persyaratan penting dalam membuat surat resmi yang bisa mewakili lembaga atau instansi yang mengirimi surat.

Fungsi dan Manfaat Kop Surat bagi Perusahaan

Kop surat yang digunakan sebagai identitas sebuah perusahaan seringkali dibuat dengan desain semenarik mungkin agar dapat mampu menarik perhatian penerima surat serta menunjukan identitas lembaga tersebut. Maka dari itu, banyak sekali perusahaan yang memanfaatkan kepala surat ini sebagai bentuk promosi branding perusahannya. Berikut fungsi kepala surat bagi para badan usaha.

Sebagai Tanda Pengenal

Sebagai perusahaan, pastinya perlu sebuah tanda pengenal dan tanda pengenal ini biasanya di jadikan alat dalam sebuah kop surat supaya dapat memperkuat identitasnya. Kepala surat tersebut juga tidak hanya diletakkan di bagian atas surat saja, tetapi juga ditambahkan pada amplop yang membungkus surat tersebut. Untuk semakin menambah daya tarik dan terlihat mencolok biasanya perusahaan membuat kepala surat yang memiliki warna dan desain yang unik. Bahkan dalam beberapa perusahaan kepala surat ini di desain dengan menggunakan teknik kertas timbul yang dilapisi dengan warna khusus.

Sebagai Pemberi Informasi Perusahaan

Tidak hanya sebagai tanda pengenal sebuah perusahaan, namun kop surat ini dipakai juga sebagai alat pemberi informasi pada perusahaan tersebut. Informasi ini meliputi alamat, bidang usaha, nomor telepon, nomor faksimile, email, website, dan informasi lengkap lainnya. Banyak informasi yang ditulis pada kepala surat ini agar relasi usaha yang ingin menghubungi dapat mengetahui dengan cara yang mudah.

Sebagai Sarana Promosi Perusahaan

Sebagai sarana promosi, biasanya kop surat yang dibuat di desain dengan lebih dinamis, tidak kaku, dan dengan penambahan komposisi bentuk dan warna yang menarik dilihat. Selain desainnya yang enak dilihat biasanya perusahaan akan membedakan kertas surat yang dipakai. Jenis kertas tersebut dapat dipilih berdasarkan tekstur dan warnanya.

Sebagai Sarana Branding Perusahaan

Corporate identity atau branding biasa dilakukan perusahaan untuk semakin mengenalkan produk atau jasanya agar dikenal di masyarakat luas. Banyak yang memanfaatkan kop surat ini sebagai sarana branding perusahaan. Branding ini dapat menampilkan simbol atau nama perusahaan yang dapat mencerminkan badan usaha tersebut sehingga tertanam dalam benak masyarakat. Biasanya melalui logo dan informasi lainnya badan usaha tersebut dapat lebih dikenal dan menjadi identitas tersendiri bagi masyarakat yang melihatnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *