Fungsi dan Manfaat Peralatan dan Furniture Kantor dalam Membangun Produktivitas Karyawan

Kantor sekarang tidak lagi dianggap sebagai sebuah bangunan fisik yang digunakan untuk usaha atau bisnis namun lebih dari itu kantor didefinisikan sebagai sebuah ruang fisik atau virtual dimana setiap hal terlibat di dalamnya, seperti: orang (karyawan), peralatan, fisik maupun ide dan gagasan. Salah satu yang menjadi asset perusahaan yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah peralatan dan furniture kantor.

Fungsi Furniture dan Peralatan Kantor

Untuk memastikan karyawan dapat bekerja secara produktif mereka harus diberikan ruangan sesuai dengan kebutuhan mereka. Misalnya karyawan bagian desain harus diberikan meja dan peralatan komputer untuk menunjang pekerjaaanya. Peralatan kantor mencakup komponen yang berwujud maupun yang tidak berwujud yang fungsinya memungkinkan orang yang terlibat dapat bekerja secara maksimal.

Ada beragam jenis dan model peralatan kantor, misalnya peralatan kantor yang masuk ke dalam jenis peralatan yang tahan lama, yaitu: kursi, meja, lemari brankas, rak arsip dan lain sebagainya.

Berdasarkan fungsinya, meja kantor dibagi menjadi beberapa jenis seperti: meja kantor untuk resepsionis, meja sekretaris, meja pimpinan redaksi, meja komputer dan lain sebagainya. Ukuran meja disesuaikan dengan pekerjaan, jika menggunakan meja yang lebih besar bisa digunakan oleh beberapa orang karyawan jauh lebih efektif. Namun jika Anda memilih meja kantor yang panjang, ukuran ruangan yang digunakan juga harus besar dan luas.

Baca Juga: PEMBAGIAN JENIS-JENIS PERABOT KANTOR, MEMPERMUDAH KARYAWAN MEMBERESKAN PEKERJAAN KANTOR

Memilih Furniture dan Peralatan Kantor

Furniture kantor saat ini tersedia dalam berbagai varian. Mulai dari warnanya , ukurannya, modelnya. Membeli furniture yang tepat bisa lebih meningkatkan efesiensi pekerjaan dengan hasil yang maksimal.

Anda bisa pilih peralatan kantor dengan mempertimbangkan aspek ekonomis. Jangan sampai peralatan Anda telanjur membeli peralatan kantor yang ternyata tidak dibutuhkan atau tidak nyaman saat digunakan, terlebih jika harganya mahal. Jangan sampai karena kesalahan tidak teliti saat memilih berimbas pada karyawan.

Menyimpan perlengkapan dan furniture harus hati-hati agar tidak rusak dan penempatannyapun harus tepat.

Apapun jenis dan bahan perlengkapan kantor, penempatannya harus di tempat yang bersih dan kering. Hal ini merupakan salah satu cara perawatan agar tahan lama.  Menyimpan perlengkapan kantor di tempat yang lembab memungkinkan terkena jamur, jika bahan perlengkapan terbuat dari kayu atau rotan. Sedangkan jika bahannya logam atau besi, ruangan yang lembab bisa menyebabkan besi mudah berkarat.

Penyimpanan peralatan kantor juga harus apik, mengingat peralatan kantor ada yang berupa barang elektronik, barang berat, benda dengan ukuran kecil (tinta, klip, gunting, kertas dll) Penempatan yang salah bisa membayakan orang lain. Oleh sebab itu pastikan perlengkapan dan furniture tersimpan di tempat yang tepat.

Itula penjelasan singkat seputar peralatan dan furniture kantor yang bermanfaat untuk karyawan dan perusahaan untuk mencapai tujuan dan keberangsungan perusahaan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *