Fungsi Furniture Kantor yang Wajib Tersedia

Kantor adalah bangunan fisik yang digunakan untuk ruang usaha atau bisnis. Setiap hari ada beragam aktivitas yang dilakukan dan semua hal terlibat di dalamnya. Salah satu hal yang berhubungan dengan kantor yang akan kita bahas adalah furniture kantor.

Fungsi Furniture

Agar karyawan dapat bekerja secara produktif mereka harus diberikan ruangan dan peralatan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya: karyawan bagian administrasi harus diberi perlengkapan, seperti: meja, kursi, lemari arsip, atk dsb.

Furniture kantor mencakup benda-benda yang berwujud (berbentuk fisik) dan yang tidak berwujud. Fungsinya untuk memungkinkan semua pegawai bekerja secara maksimal.

Ada banyak jenis dan model peralatan kantor yang masuk ke dalam jenis peralatan yang berwujud secara fisik. Seperti: meja, lemari, brankas, arsip, meja dan lain sebagainya.

Tips Memilih Furniture

Memilih perlengkapan kantor tidak bisa sembarangan, harus sesuai dengan kebutuhan karena jika tidak sesuai akan mubajir karena tidak bisa membantu meningkatkan efisiesi pekerjaan secara maksimal. Beberapa furniture kantor yang wajib ada adalah sebagai berikut:

Meja Kantor

Meja adalah salah satu perabotan kantor yang wajib ada. Agar fungsi meja dapat berjalan sebagaimana meskinya, maka perlu dilengkapi dengan kursi. Ada beberapa persyaratan atau kriteria meja dan kursi kantor yang tepat adalah sebagai berikut:

Baca Juga : PERABOT KANTOR : MEJA KANTOR YANG TEPAT

  • Bagian permukaan meja sebaiknya tidak mengkilat karena bisa mengganggu konsentrasi pegawai.
  • Bagian bawah permukaan meja sebaiknya tidak semua tertutup. Pilih meja yang memiliki bagian kaki terbuka.
  • Pilih model meja yang memiliki laci atau rak yang dapat difungsikan sebagai tempat menyimpan berkas atau peralatan alat tulis kantor (ATK).
  • Tidak terlalu tinggi ataupun pendek. Sesuai dengan proposional tubuh.

Sedangkan kriteria kursi yang tepat untuk digunakan di kantor adalah sebagai berikut:

  • Ada beberapa model kursi yang cocok digunakan untuk di kantor, yaitu kursi dengan kaki 4 atau kursi dengan kaki tiga yang bagian bawahnya dilengkapi dengan roda.
  • Biasanya kursi yang digunakan adalah kursi yang memiliki kaki 4 dan bisa dilipat. Model kursi lipat lebih efektif karena lebih bisa hemat ruang atau tidak menyita ruangan.

Lemari Penyimpanan Arsip

Lemari arsip adalah lemari yang digunakan untuk meyimpan surat-surat. Dengan adanya lemari arsip semua data dan dokumen dapat tersusun dengan rapih dan terorganisir. Sehingga lebih mudah saat dibutuhkan.

Komputer dan Printer

Di jaman serba digital seperti sekarang ini, komputer merupakan perangkat wajib yang harus ada di kantor. Komputer bukan hanya digunakan untuk mengetik saja, namun juga untuk memproses dan penyimpanan data. Furniture kantor yang tidak kalah penting lainnya adalah printer. Dengan printer, membantu karyawan untuk mencetak file dalam bentuk lembaran  kertas.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *