Fungsi Karpet Lantai untuk Area Perkantoran

Bagi Anda yang sering keluar masuk kantor untuk mengerjakan berbagai tugas dari atasan Anda, mungkin Anda akan menyadari bahwa di perkantoran banyak yang menggunakan alas lantai sebagai salah satu perlengkapannya. Alas lantai tersebut berupa karpet lantai yang lebih tebal sehingga ketika Anda menginjaknya terasa lembut dan lunak. Padahal di area kantor hampir tak ada kegiatan untuk duduk di lantai sehingga memerlukan sebuah alas. Namun ternyata alas lantai dari karpet tersebut memberikan banyak manfaat tersendiri untuk keperluan kantor tersebut. Ingin tahu apa saja fungsinya? Berikut ini ulasannya untuk Anda.

Sebuah karpet dengan bahan kain tebal dan lembut umumnya digunakan di rumah sebagai alas bermain anak-anak atau sebagai penambah estetika di ruang tamu. Namun ternyata bukan hanya di rumah saja yang banyak menggunakan karpet sebagai alas, tetapi juga di perkantoran. Tentu saja manfaat karpet di perkantoran bukanlah sebagai alas bermain atau duduk-duduk karyawannya. Suatu perusahaan memiliki alasan khusus mengapa menggunakan karpet sebagai alas di lantai mereka. Berikut ini manfaat karpet untuk penggunaan di perkantoran atau pabrik.

  • Meredam bunyi.

Area kantor yang tenang tanpa membuat suasana kerja menjadi lebih kondusif. Suara sepatu yang beradu dengan lantai bisa jadi mengganggu sehingga diperlukan sebuah karpet untuk meredamnya. Karpet juga berfungsi untuk mengurangi licin lantai sehingga resiko terpeleset menjadi berkurang terutama untuk para pekerja wanita yang seringkali menggunakan heels. Selain dipasang di lantai, karpet sebagai peredam suara juga banyak ditempel di dinding ruang kerja atasan.

  • Menyembunyikan saluran listrik.

Di perkantoran ada banyak perangkat komputer yang biasanya ditata di bagian bawah meja. Komputer satu dan yang lain terhubung untuk bisa saling berbagi data, sumber tenaga atau printer. Penghubungnya tentu saja adalah kabel. Kabel bisa dirangkai kemudian ditutup dengan karpet lantai tebal sehingga tak terlihat. Dengan begitu area kerja menjadi lebih rapi dan bersih.

Baca Juga: AGAR KARPET LANTAI ANDA TERLIHAT KEREN PERHATIKAN 4 MACAM TIPS INI!

  • Mempermudah cara pembersihan.

Karpet dibersihkan dengan cara disedot menggunakan penyedot debu setiap harinya. Cara ini lebih mudah dan efektif dibandingkan menyapu dan mengepel lantai untuk area kantor. Hal ini juga bisa menghemat waktu OB untuk membersihkannya.

Itulah manfaat-manfaat dari penggunaan karpet lantai pada area kerja atau perkantoran. Selain digunakan di rumah dan kantor, area pabrik tertentu juga bisa menggunakan karpet sesuai dengan peraturan Iso yang dijadikan panduan. Dengan suasana kantor yang nyaman, bersih, tenang dan kondusif akan memberikan dampak pada semangat kerja yang tinggi. Dengan begitu tingkat produktifitas karyawan akan semakin tinggi seiring dengan target yang ditetapkan atasan. Pilihlah karpet dengan warna netral seperti abu-abu atau coklat untuk memberi kesan resmi dan dewasa pada ruangan kantor Anda.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *