Fungsi & Panduan Cara Merawat Scanner

Scanner adalah alat yang digunakan untuk memindahkan lembaran dokumen atau gambar dalam bentuk file. Fungsinya hampir mirip dengan mesin copy, perbedaannya hasil pada mesin foto copy berupa lembaran kertas sedangkan pada mesin scan hasilnya berupa file yang harus dilihat dulu pada monitor komputer. Agar mesin scanner milik Anda lebih tahan lama, maka perlu dibarengi dengan merawat scanner.

Kurangnya perawatan bisa menyebabkan hasil scan kurang maksimal, gambar yang dihasilkan tidak jernih, terjadi penyimpangan hasil scan atau yang lebih parahnya bisa menyebabkan mesin rusak. Jika Anda akan melakukan perawatan sendiri, maka pertama-tama harus mengetahui apa fungsi setiap bagian mesin.

Bagian-Bagian Mesin Scanner

Scanner terdiri beberapa bagian yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Bagian-bagian mesin adalah:

  • Kaca
  • Bagian pengendali atau controlling
  • Bagian penutup

Baca Juga: CARA MERAWAT SCANNER KOMPUTER DENGAN BENAR

Berdasarkan jenisnya mesin scanner bisa dibagi menjadi dua jenis yaitu: scanner flat bed dan hand held. Perbedaan keduanya adalah dari cara menggunakannya. Pada jenis scanner flat bed caranya dengan menempatkan kertas yang akan mendorong anner antara dengan tujuan, scanner flat bed memerlukan keterampilan saat menggunakannya karena dibutuhkan kesabaran sampai mesin scan menangkap gambar. Sedangkan pada jenis scanner hand held cara menggunakannya lebih praktis.

Perawatan mesin scanner

Karena merupakan barang elektronik yang sensitive maka cara membersihkan mesin ini harus apik dan hati-hati terutama saat membersihkan bagian kaca. Berikut adalah cara merawat scanner yang bisa Anda jadikan panduan

  1. Sebelum dibersihkan pastikan mesin scan dalam keadaan mati (off), lepaskan kabel dan USB.
  2. Bersihkan bagian luar dengan bantuan lap yang halus, bersih. Sebaiknya gunakan lap yang tidak mengandung serat. Tindakan ini untuk mencegah debu dan kotoran masuk dan menumpuk ke bagian dalam.
  3. Membersihkan karet penarik (roller) menggunakan lap lembab, jangan lap basah. Pastikan roller kering sebelum dipasang kembali. Membersihkan roller bisa seminggu sekali.
  4. Membersihkan bagian mata scan bisa menggunakan lap kering. Disarankan lap jenis microfiber agar tidak menghasilkan serat dan debu. Agar tidak menimbulkan goresan, lap dengan cara satu arah.
  5. Lap dan bersihkan bagian lain yang terdapat kotoran dan debu secara menyeluruh.

Hasil dokumen, gambar yang sudah discan bisa disimpan atau disalin dalam bentuk digital atau disimpan di file komputer. Scanner adalah peralatan wajib yang harus ada diperkantoran sebagai bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan pengarsipan. Oleh sebab itu melakukan perawatan scanner sangat penting dilakukan karena dengan rutin dibersihkan performa kerja mesin tetap dalam kondisi yang baik.

Demikian pembahasan mengenai fungsi dan cara merawat scanner. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *