Furniture Minimalis Bagi Rumah Minimalis, Cukup Pakai yang Penting Saja!

Kalau Anda mencari-cari ide tentang interior rumah modern sekarang ini, Anda pasti akan sering mendengar tentang kata-kata minimalis. Desain minimalis, furniture minimalis, ruang minimalis, dan lain-lainnya. Anda mungkin kemudian melihat contoh dari perabotan ataupun ruangan minimalis tersebut, dan memutuskan bahwa Anda menyukainya untuk rumah Anda. Tapi sudahkah Anda siap dengan segala yang serba minimalis tersebut?

Perlu Anda ketahui bahwa minimalis bukan berarti murahan. Justru banyak perabotan dan desain minimalis yang harganya bahkan bisa lebih mahal dibandingkan dengan perabotan yang modelnya biasa. Hal yang penting untuk diingat adalah bahwa minimalis merupakan sebuah simplicity, sederhana, tak neko-neko, di mana satu atau dua perabotan maupun desain bisa memberikan efek yang besar untuk keseluruhan ruangan.

Jika Anda menginginkan furniture minimalis untuk rumah Anda, itu berarti Anda harus memprioritaskan kualitas daripada kuantitas. Ketika Anda memilih perabotan, prinsip ini yang berlaku:

  • Hanya yang penting saja

Perabotan yang ada haruslah sesimpel mungkin dan hanya yang penting-penting saja. Kalau Anda bisa tinggal di rumah tanpa perabotan itu, maka singkirkan.

Baca Juga: FURNITURE MINIMALIS UNTUK RUMAH KECIL

  • Bentuk yang simpel

Perabotan yang dipilih cenderung simetris, streamlined, dan fungsional. Tak perlu ada ukiran atau hiasan, tapi bergaris lurus dan efisien soal tempat.

  • Warna netral

Kebanyakan perabotan minimalis juga berwarna netral, seperti hitam, putih, atau abu-abu. Jika ada yang memiliki warna cerah, itu hanya untuk satu-dua bagian saja sebagai aksen.

  • Multifungsi

Perabotan minimalis juga berarti Anda bisa menggunakannya untuk beberapa fungsi sekaligus. Seperti yang sudah dikatakan di atas, minimalis berarti Anda tak perlu perabotan banyak kalau satu saja bisa digunakan untuk banyak hal.

  • Kualitas itu penting

Kualitas perabotan juga lebih penting daripada jumlahnya. Lebih baik Anda memilih perabotan yang memang Anda benar-benar butuhkan, penting, dan Anda suka, daripada memenuhi tempat.

Tentu saja, Anda juga harus berjaga-jaga agar rumah jangan sampai terlalu ‘dingin’ dan kaku karena konsep minimalis tersebut. Namanya saja rumah, Anda juga harus tetap membuatnya homey, nyaman untuk di tinggali. Hanya saja dengan konsep minimalis, Anda harus mengingat prinsip bahwa tak ada clutter, pola, maupun bentuk yang terlalu rumit dan kompleks. Simpel dan juga rapi adalah hal yang harus diingat.

Kalau Anda mau mencoba membuat rumah Anda menjadi berkonsep minimalis, berarti ada beberapa perabotan yang mungkin harus Anda singkirkan. Ini dia beberapa di antaranya:

  • Rak untuk TV – rak TV sebenarnya tak selalu Anda perlukan, apalagi kalau Anda bisa menempelkannya ke dinding.
  • Meja sudut – meja-meja seperti ini tidak punya fungsi khusus dan biasanya jadi sumber untuk tempat menaruh benda-benda kecil tak penting.
  • Buffet – biasa untuk tempat dekorasi. Anda tak memerlukan ini untuk perabotan rumah. Dengan menyingkirkan nya, Anda mendapatkan ruang lega.
  • Display cabinet – mirip seperti buffet di mana lemari ini lebih untuk menunjukkan dekorasi atau koleksi tak penting Anda.
  • Sofa – sofa yang besar akan memakan banyak tempat. Anda bisa menggunakan sofa lebih kecil dan minimalis.
  • Meja makan – kalau Anda punya coffee table, meja ini tak diperlukan.

Terdengar ekstrim? Tapi kalau Anda benar-benar ingin membuat rumah bernuansa minimalis, hal ini perlu dilakukan. Pilih furniture minimalis yang fungsional, tidak berbentuk rumit, dan memiliki warna netral. Untuk hiasan, Anda cukup memilih satu-dua dekor rumah dengan warna mencolok, dan membiarkannya menjadi focal point. Dalam konsep minimalis, Anda hanya perlu barang yang esensial saja.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *