Hapus ‘Kesalahan’ dengan Alat Tulis Correction Tape yang Memiliki Kelebihan Ini!

Hapus ‘Kesalahan’ dengan Alat Tulis Correction Tape yang Memiliki Kelebihan Ini!

Tidak ada yang luput dari kesalahan termasuk dokumen yang sudah dicetak dari softcopy yang dibuat di komputer. Kesalahan tersebut biasanya akan terlihat ketika Anda membacanya ulang terutama setelah Anda sudah mencetak dokumen tersebut. Jika waktu untuk memperbaikinya masih banyak, maka Anda bisa membuatnya ulang, namun, jika waktunya sudah mepet, maka Anda bisa menggunakan alat tulis yang disebut dengan correction tape. 

 Hapus ‘Kesalahan’ dengan Alat Tulis Correction Tape yang Memiliki Kelebihan Ini!

Correction tape atau yang lebih dikenal dengan tipe x merupakan penghapus yang dipergunakan untuk mengoreksi kesalahan dari penulisan dengan menggunakan tinta misalnya tinta pena ataupun tinta printer. Correction tape ini memiliki bentuk pita atau bisa dikatakan sebagai tipe-x dengan bentuk yang kering. Ada keunggulan dan kelemahan dari correction tape yang bisa Anda pertimbangkan sebelum Anda nantinya membeli di toko ATK.

Keunggulan dan kekurangan menggunakan correction tape yang merupakan salah satu alat tulis yang tidak hanya dipergunakan di kantor namun juga untuk sekolah dibandingkan dengan menggunakan tipe-ex cair atau correction pen, yaitu:

  • Keunggulan:
  • Kering sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk menuliskan sesuatu atau membenarkan di atas koreksi tersebut.
  • Lebih rapi dan bersih.
  • Jika ada bagian yang seharusnya tidak ikut dikoreksi, Anda bisa melepaskan tape tersebut sesaat setelah tertempel tanpa meninggalkan bekas yang berarti.
  • Kekurangan:
  • Mudah rusak terutama jika salah menggunakannya atau terjatuh.
  • Harus membongkar jika tape tersebut mulai tidak rapi.

Untuk menggunakan agar correction tape tersebut dapat berfungsi dengan baik, berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan baca terlebih dahulu cara penggunaannya karena ada correction tape yang digunakan dengan cara ditarik dan ada yang digunakan dengan cara didorong yang sesuai dengan panjang bagian yang harus dikoreksi. Hal tersebut disebabkan masing-masing jenis correction tape memiliki cara penggunaan yang berbeda yang disebabkan karena peletakan pita yang berbeda. Jika Anda salah dalam penggunaannya, tidak hanya menyebabkan ATK tersebut tidak dapat dipergunakan namun juga pita yang tergelung pada ATK tersebut akan keluar dan tidak dapat tergelung dengan bagus sehingga mau tidak mau Anda harus membongkarnya untuk merapikannya.

Untuk menggunakan correction tape sebagai alat tulis yang mampu menghapus kesalahan penulisan karena tinta, langkah selanjutnya adalah:

  • Teliti bagian yang salah dan memerlukan pembenaran.
  • Pegang dan tekan ujung dari correction tape tersebut ke tempat atau bagian yang harus dikoreksi lalu dorong/tarik hingga menutupi bagian salah tersebut.
  • Pastikan jika tidak ada pita koreksi tersebut yang mencuat. Jika ada, rapikan dengan cara ditekan-tekan.
  • Jika ingin menuliskan di atas bagian yang dikoreksi tersebut, maka tunggu beberapa saat hingga Anda yakin tape sudah melekat sempurna agar tulisan tidak ikut terkelupas.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *