HARGA PERLENGKAPAN KANTOR

Bicara mengenai harga sebuah barang, Anda harus melihat fungsi dari barang itu terlebih dahulu. Apakah dengan adanya barang tersebut, apa yang akan Anda lakukan akan mudah terbantu dan terselesaikan, atau tidak. Andaikan terbantu dan terselesaikan, maka barang itu wajib Anda miliki. Kalau masalah itu sudah diatasi, Anda sudah bisa memikirkan mengenai harganya. Persoalan seperti ini, tidak jarang muncul ke permukaan saat membicarakan harga perlengkapan kantor yang akan Anda beli.

Tapi karena Anda sudah mengetahui, apa yang harus didahulukan sebelum Anda membeli perlengkapan kantor, Anda hanya butuh melihat list barang yang akan Anda beli. Prioritaskan beberapa perlengkapan kantor seperti meja, kursi, dan lemari yang akan menempati posisi ruangan. Setiap barang yang dibeli tidak boleh terabaikan dan harus benar-benar digunakan, sehingga harga perlengkapan kantor tidak menjadi mubazir ketika waktu itu dikeluarkan.

Baca Juga : KELEBIHAN FURNITURE MINIMALIS

Apakah memang ada yang menjadi mubzair? Tentu saja ada. Anda bisa melihat banyak contoh di beberapa kantor. Perlengkapannya ada yang masuk ke dalam gudang atau tertumpuk di sudut ruang pantry. Padahal kalau ingin mengacu terlebih dahulu ke fungsi suatu barang, hal tersebut tidak perlu terjadi. Uang untuk membeli perlengkapan yang tidak terpakai itu, bisa dialokasikan untuk kebutuhan kantor lainnya.

Kalau hal di atas sudah terjadi, perlengkapan barang yang dibeli murah sekalipun akan menjadi mahal harganya. Tapi kalau memang harga perlengkapan barang terbilang mahal, tapi barang itu dipakai sesuai fungsi, maka akan terasa jauh lebih murah. Dengan begini, definisi harga sebuah barang kembali pada sejauh mana fungsi itu berjalan. Sejauh mana barang itu dipakai. Meskipun ada hal lain juga yang harus diperhatikan mengenai kwalitas dari barang tersebut.  

Hanya saja, walaupun kwalitas barang tidak terlalu bagus dan kenyataannya Anda tidak memakainya juga. Yang tergambar adalah bahwa Anda seperti membeli setumpuk barang murah tanpa dipakai. Dengan keadaan seperti ini, harga murah barang-barang itu menjadi sangat mahal. Demikian juga sebaliknya, barang dengan kwalitas bagus kalau memang dipakai, maka jatuhnya barang tersebut bernilai murah.

Bagaimana solusi mensiasati perlengkapan kantor yang sebenarnya masih berfungsi dengan baik, tapi ternyata karena kwantitinya terlalu banyak, tidak terpakai lagi? Mudah! Jual kembali semua barang itu meski tidak harus sama dengan harga perlengkapan kantor saat pertama kali dibeli. Semahal apapun barang, kalau memang dijual lagi akan menurunkan harga,  karena barang itu masuk kategori sebagai barang-barang telah terpakai. Tapi tidak mengapa, daripada barang-barang itu menjadi semakin hancur karena fungsinya terabaikan.

Penjelasan singkat di atas mengenai permasalahan harga perlengkapan kantor, semoga saja menjadi masukan penting untuk Anda saat memutuskan untuk membeli atau tidaknya, di kemudian hari.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *