Hemat Belanja Alat Kantor dengan Tips Berikut!

Peralatan kantor merupakan sarana yang penting dalam kelangsungan pekerjaan di kantor. Hal ini lantaran pekerjaan kantor membutuhkan bantuan dari berbagai peralatan kantor tersebut sehingga pekerjaan bisa cepat selesai. Peralatan kantor sendiri meliputi berbagai macam jenis seperti peralatan pengarsipan, alat tulis, alat penyimpanan dan masih banyak lagi. Dalam pembelanjaan alat kantor ini dibutuhkan perencanaan tersendiri sehingga bisa lebih dihemat lagi dalam pengeluaran uangnya.

Permasalahan keuangan menjadi masalah yang vital dalam hal apapun. Hal ini lantaran uang merupakan hal yang sensitif bagi semua orang. Begitu juga dengan pembelanjaan alat kantor ini yang semuanya harus bisa direncanakan dengan matang agar bisa membeli dengan tepat sasaran dan sesuai kebutuhan. Berikut ini beberapa tips menghemat dalam pembelanjaan untuk peralatan kantor:

  • Melakukan inventarisasi

Kerapkali pengeluaran untuk kantor ini membengkak adalah akibat dari pembelian segala jenis kebutuhan yang justru kurang dibutuhkan. Untuk bisa meminimalisir hal ini, ada baiknya jika Anda menginvestarisasi peralatan kantor terlebih dulu sehingga bisa disortir mana yang dibutuhkan dalam waktu cepat dan mana yang tidak. Dengan cara ini, maka Anda bisa memisahkan mana peralatan yang harus dibeli saat ini dan bisa ditunda di bulan berikutnya sehingga anggaran bulanan bisa lebih tertata.

  • Pembelian berkala

Apabila pembelanjaan peralatan kantor ada kelebihan dana, maka jangan sampai dana sisa ii justru digunakan untuk pembelian peralatan yang kurang dibutuhkan. Kelebihan dana ini bisa Anda simpan sementara untuk bisa digunakan dalam pembelian di bulan yang berikutnya.

  • Pembelian dalam jumlah besar

Pembelian apapun dalam jumlah yang besar cenderung bisa membuat harganya menjadi lebih murah, termasuk juga pada pembelian peralatan kantor. Misalnya saja, dibanding Anda membeli pulpen dalam satuan, namun akan lebih hemat jika membeli dalam lusinan sehingga ada selisih harga. Memang saat itu juga Anda membutuhkan uang yang lebih dalam pengeluaran, namun bisa digunakan dalam jangka panjang dan jika dihitung lagi akan bisa lebih hemat. Namun jika dengan cara ini, maka tentunya Anda harus bisa menyiapkan anggaran yang lebih besar

  • Membeli di distributor

Dibandingkan membeli di toko eceran, pembelian di toko grosir atau distributor bisa menjadi langkah yang tepat. Hal ini lantaran harga distributor akan lebih miring dibanding harga di toko biasa, apalagi jika Anda membeli dalam kuantitas yang besar dan banyak. Bahkan jika Anda beruntung, Anda pun bisa mendapatkan potongan harga secara langsung.

Disiplin dalam pembelanjaan alat kantor juga menjadi cara yang tepat untuk bisa menghemat pengeluaran pembelanjaan. Pastikan hanya berbelanja yang ada di catatan saja, sehingga lebih terarah dan terkontrol pengeluarannya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *