Ini Dia Beberapa Jenis Peralatan Kantor untuk Absensi

Ini Dia Beberapa Jenis Peralatan Kantor untuk Absensi

Absensi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi gaji untuk karyawan ataupun nilai bagi para mahasiswa. Dulu, untuk mengetahui datang atau tidak seseorang misalnya ke kantor harus tanda tangan terlebih dahulu namun saat ini sudah ada mesin absensi yang dapat Anda pilih sesuai dengan yang Anda butuhkan. Terdapat beragam jenis mesin absensi sebagai peralatan kantor yang dapat Anda temukan dan pilih.

 Ini Dia Beberapa Jenis Peralatan Kantor untuk Absensi

Pertama adalah mesin magnetic card. Mesin absensi ini membutuhkan kartu seperti kartu pengenal yang dilengkapi dengan magnetic area yang memungkinkan Anda untuk dapat absensi hanya dengan menggesek kartu di tempat yang sudah ditentukan. Jenis mesin absensi ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan jenis mesin absensi yang lainnya. Namun kekurangannya, rentan disalahgunakan sehingga sering terjadi kecurangan seperti kartu absensi yang dititipkan teman untuk absen. 

Jenis peralatan kantor untuk absensi yang lainnya yaitu: 

  • Mesin absensi berbasis web atau mesin absen online yang dapat diakses lewat komputer masing-masing karyawan dengan memasukkan username, password ataupun nomor induk karyawan.
  • Mesin absensi biometric memiliki proses kerja dengan cara mendeteksi wajah sehingga hasilnya lebih akurat. Keunggulannya, dapat menyimpan data hingga ribuan namun kekurangannya mesin ini lebih mahal dan terkadang terjadi error untuk autentifikasi karyawan.
  • Mesin absensi digital menggunakan tombol angka dan huruf sehingga karyawan harus memiliki kata sandi yang sudah didaftarkan sebelum dapat menggunakannya.
  • Mesin absensi fingerprint menggunakan sidik jari sebagai pendeteksi.

Dari sekian jenis mesin absensi, yang saat ini paling banyak dipergunakan adalah mesin absen dengan sidik jari. Mesin ini dirasa lebih praktis dan akurat karena masing-masing orang memiliki sidik jari yang berbeda walaupun orang tersebut kembar. Cara penggunaannya juga mudah karena Anda hanya perlu menempelkan jemari Anda yang sudah disimpan datanya, misalnya jempol dan kemudian akan dipindai mesin sebelum memastikan identitas Anda.

Jika dijabarkan, keunggulan peralatan kantor untuk absensi dengan sidik jari tersebut adalah:

  • Mempermudah dan mempercepat bagian HRD untuk dapat mendata absensi karyawan perusahaan terutama yang memiliki ribuan karyawan.
  • Mencegah adanya kecurangan praktik absensi misalnya karyawan yang menitipkan absensi padahal karyawan tersebut tidak masuk kerja.
  • Perusahaan dapat mengetahui kinerja dari karyawan, misalnya apakah tepat waktu atau tidak.
  • Mengetahui tingkat kedisiplinan dari karyawan, tidak hanya saat datang namun juga saat pulang. Misalnya karyawan yang melakukan lembur, sehingga perusahaan dapat menambahkan gaji atau rekaman over time karyawan.
  • Membantu untuk mempertimbangkan pemberian gaji. Misalnya apakah karyawan tersebut tepat waktu, suka bolos ataupun melakukan over time.
  • Mempermudah untuk kalkulasi upah buruh harian.
  • Dapat membantu untuk mengontrol akses pintu untuk jenis mesin absensi sidik jari tertentu.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *