Ini Dia Jenis-jenis Whiteboard yang Bisa Dipilih

Di suatu ruangan kelas biasanya ada beberapa alat yang harus ada. Dari meja, kursi, dan juga tentunya papan tulis untuk guru menjelaskan materi pelajarannya. Papan tulis tersebut bisa untuk dipilih apakah jenis black board yang menggunakan media kapur untuk menulis, atau juga menggunakan whiteboard yang menggunakan spidol. Sekarang ini memang banyak kelas yang telah beralih pada papan tulis yang menggunakan spidol karena lebih bersih menggunakan spidol. Jenis papan tulis yang menggunakan spidol tersebut juga ada beberapa, yaitu jenis berikut ini.

  • Papan tulis jenis melamine

Merupakan jenis papan tulis pertama yang dapat dipilih dan mempunyai bahan dari resin melamine. Bahan tersebut ada di permukaan papan tulis jenis ini dan akan dilapisi dengan bahan kayu lapis atau plywood. Jenis ini merupakan papan tulis dengan spidol yang paling umum ditemukan di pasaran dan juga sangat mudah untuk mendapatkannya. Seperti misalnya jenis ini banyak digunakan di sekolah atau juga kampus untuk menjelaskan materi pelajaran menggunakan spidol. Jenis yang satu ini terkenal mempunyai banyak ukuran yang bisa dipilih dan tentunya mempunyai harga yang beragam tergantung dari ukurannya.

  • Papan tulis paper laminate board

Merupakan whiteboard jenis selanjutnya yang menggunakan bahan berbeda dari sebelumnya yaitu terbuat dari bahan duplex ataupun bahan evory yang mempunyai warna putih. Bahan tersebut kemudian dilapisi dengan plastik yang dilaminasi dan mempunyai desain yang menarik. Apabila jenis sebelumnya digunakan untuk di sekolah dan kampus, untuk jenis ini akan lebih banyak digunakan di kantor. Dan bisa digunakan untuk papan rencana kerja yang ada di kantor-kantor.

Baca Juga: APA ITU INTERACTIVE WHITEBOARD? SIMAK ULASANNYA BERIKUT INI!

  • Papan tulis magnetik

Jenis selanjutnya yang bisa dipilih dari papan tulis dengan menggunakan spidol tersebut adalah papan tulis magnetik. Jenis ini merupakan papan yang menggunakan bahan melamin seperti pada jenis yang pertama. Akan tetapi mempunyai perbedaan pada lapisan yang ada di dalamnya. Dimana jenis ini dilapisi dengan logam tidak seperti pada jenis pertama yang menggunakan lapisan kayu. Penggunaan logam tersebut dikarenakan jenis ini akan dapat mudah untuk menempelkan magnet sehingga akan dapat digunakan sebagai papan yang bisa ditempelkan dan menggerakkan magnet.

  • Papan tulis porcelain

Dan untuk jenis whiteboard yang terakhir adalah papan yang menggunakan bahan porselin atau keramik. Sedangkan untuk lapisannya menggunakan bahan papan baja sehingga sangat kuat. Kelebihan dari jenis papan ini adalah dapat untuk dihapus dengan mudah walaupun media yang digunakan untuk menulisnya menggunakan spidol permanent. Oleh karena itulah tidak heran apabila jenis papan ini juga mempunyai harga yang lebih tinggi daripada jenis lainnya karena mempunyai tampilan yang menarik dan bisa untuk menghapus tulisan di papan dengan sangat mudah.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *