Ini Dia Jenis Stempel yang Sesuai dengan Kebutuhan Perusahaan Anda

Stempel atau cap mungkin menjadi sebuah benda yang tidak asing untuk Anda bila Anda bekerja di sebuah institusi entah nirlaba atau pun bisnis. Cap ini dibutuhkan untuk tiap institusi sebagai alat pengesahan dokumen dari institusi. Saat Anda memutuskan melakukan pembuatan cap ini, lebih baik kenali karakteristik beberapa cap untuk menemukan mana jenis yang paling sesuai. Ada beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Pertama, warna. Cap flash atau otomatis adalah cap yang memiliki lebih dari satu warna. Kelebihan yang dimiliki oleh jenis ini ialah tidak membutuhkan bantalan karena sudah terdapat tinta di karet. Tinta yang berada di dalam karet sendiri diperkirakan cukup untuk melakukan 3000 cap. Adanya tinta di karet juga membuatnya bisa diisi ulang. Untuk pengisiannya cukup mudah. Anda hanya perlu melepaskan karet di bagian gagang, kemudian teteskan tinta sesuai dengan warna. Sesudah cukup, tempelkan kembali ke gagang. Meskipun bisa diisi ulang, tidak dianjurkan untuk mengisi warna yang berbeda dari warna asli. Ini dikarenakan, bantalan tidak pernah benar-benar habis, oleh sebab itu jika pengisian dilakukan dengan menggunakan warna yang lain, bisa menyebabkan terbentuknya warna baru dan berbeda dari warna awal.

Kedua, cap lunas. Cap stempel lunas merupakan cap yang harus dimiliki oleh institusi bisnis. Cap ini digunakan untuk mengesahkan total pembayaran. Tulisan pada cap bervariasi. Banyak cap yang hanya mempunyai tulisan lunas di bagian karet, tetapi ada juga yang menyertakan terima kasih serta nama perusahaan agar bisa disandingkan dengan tulisan LUNAS di cap. Anda bisa memilih jenis mana saja yang sesuai dengan pilihan. Bila ingin terlihat resmi, pilih jenis yang mempunyai 3 tulisan yakni tulisan LUNAS, TERIMA KASIH serta nama dari perusahaan Anda.

Ketiga, emboss. Untuk pilihan embos atau timbul ini mempunyai beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan jenis konvensional. Kelebihan dari emboss seperti:

  • Lebih tahan lama jika dibandingkan dengan jenis konvensional
  • Lebih praktis karena jenis ini tidak memerlukan bantalan tinta
  • Hasil cap yang dimiliki jauh lebih rapi jika dibandingkan dengan jenis konvensional,
  • Dibanding dengan konvensional, cap jenis ini lebih aman karena sangat sulit ditiru.

Bila Anda tertarik melakukan pembelian stempel emboss, ada hal yang harus diperhatikan untuk memperoleh hasil cap yang baik seperti ukuran diameter yang pas. Pilih diameter yang tepat agar hasil cap terlihat lebih sempurna, selain itu pilih huruf yang tidak berkaki, jangan sampai Anda memilih jenis huruf yang kurang jelas, selain itu untuk cap ini harus memilih jenis huruf bold sehingga kualitas dari hasil cap tidak akan berkurang. Besaran huruf minimal 8 poin untuk yang berukuran standar.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *