Ini Dia Macam-macam Mesin Absensi yang Banyak Digunakan di Kantor

Perusahaan merupakan tempat orang bekerja sesuai dengan bidangnya dimana ada banyak jenis perusahaan yang ada dari mengurusi masalah keuangan, membuat produk, jasa pelayanan, industri tekstil, dan juga berbagai jenis lainnya. Kantor tersebut mempunyai tempat khusus yang digunakan untuk bekerja sehari-harinya dan juga didukung dengan sarana dan prasarana yang lengkap. Dimana ada banyak jenis peralatan kantor yang digunakan untuk dapat membantu pekerjaan kantor sehari-harinya. Dari mesin kantor, alat tulis kantor, kursi dan meja kantor, dan juga berbagai jenis alat lainnya yang dapat untuk membantu karyawan menyelesaikan pekerjaan lebih efektif. Salah satu alat yang bisa digunakan contohnya adalah mesin absensi.

Mesin absen tersebut dapat digunakan untuk mengabsen karyawan dengan lebih cepat. Sehingga tidak membuat karyawan mengantri lama untuk absen seperti apabila tidak menggunakan mesin. Selain itu manfaat mesin tersebut adalah dapat untuk menghindari manipulasi yang bisa dilakukan karena mesin tersebut telah mempunyai program sehingga dapat untuk mengetahui karyawan yang datang terlambat, tidak absen dan juga kecurangan lainnya. Oleh karena itulah mesin tersebut sangat cocok untuk mengontrol karyawan sehingga lebih disiplin untuk bekerja. Di pasaran sendiri ada beberapa macam mesin absen yang bisa dipilih untuk digunakan kantor. Beberapa macam jenis mesin yang dipilih adalah:

  • Mesin absen menggunakan kartu

Jenis mesin absensi yang dapat dipilih di kantor adalah yang menggunakan kartu manual. Ada banyak sekali kantor yang menggunakan jenis ini karena masih efektif untuk digunakan. Jenis ini merupakan mesin yang pertama kali digunakan untuk absen dimana mempunyai cara tradisional dengan melakukan identifikasi dengan kartu karyawan. Setiap karyawan akan diberikan kartu pengenal dari perusahaan yang untuk dapat mengabsen tinggal memasukkannya pada slot kartu yang ada di mesin. Macam mesin ini mempunyai harga yang terjangkau sehingga banyak digunakan oleh kantor.

Baca Juga:PROSES KERJA DARI MESIN ABSENSI FINGERPRINT

  • Mesin absen digital

Jenis selanjutnya yang dapat dipilih untuk mesin absen karyawan di kantor adalah yang berbasis digital. Jenis mesin ini telah digunakan sejak tahun 1970an dan lebih efisien dibandingkan jenis sebelumnya. Mesin ini menggunakan beberapa tombol nomor dan juga abjad sehingga karyawan akan membutuhkan password dan juga barcode untuk dapat mengaksesnya. Jenis ini akan lebih canggih sehingga menghindari tindak kecurangan dalam absen karyawan.

  • Mesin absen berbasis web

Macam jenis selanjutnya dari mesin absensi adalah yang berbasis jaringan web sehingga lebih canggih daripada jenis lainnya. Mesin ini menggunakan komputer dan juga bisa diakses dengan jaringan yang terhubung dengan internet. Kelebihan dari jenis mesin ini adalah dapat digunakan kapanpun dan dimanapun dan juga datanya lebih akurat. Akan tetapi untuk kekurangannya adalah gangguan jaringan yang bisa terjadi yang akan dapat untuk mengganggu kelancaran absen dengan mesin ini.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *