Inilah 4 Kiat untuk Memilih Papan Tulis yang Terbaik

Inilah 4 Kiat untuk Memilih Papan Tulis yang Terbaik

Meskipun teknologi digital sudah jamak digunakan namun pemakaian papan tulis atau papan peraga konvensional masih laris. Penggunanya pun dari berbagai kalangan mulai dari instansi pendidikan negeri maupun swasta sampai kegiatan mengajar di rumah pribadi. Penggunaan yang simpel bisa memakai spidol untuk papan putih dan kapur tulis untuk papan hitam tanpa butuh stop kontak dan daya listrik. Membuatnya masih diminati sampai sekarang apalagi harganya pun cenderung lebih ekonomis ketimbang papan pintar, sehingga bisa menjadi alternatif terbaik.

Inilah 4 Kiat untuk Memilih Papan Tulis yang Terbaik

Kiat Memilih Papan Peraga

Jenis papan untuk kegiatan mengajar dan presentasi ini sangat banyak dan tentunya Anda perlu kiat tepat untuk memilih dengan benar. Berikut adalah kiat tersebut:

  • Menentukan jenis papan,

Jenis papan menjadi pertimbangan pertama dalam membeli papan peraga ini, sebab bisa memilih yang putih biasa, hitam, papan dengan kertas, atau bahkan papan pintar. Papan pintar cenderung lebih mahal namun bisa dihubungkan dengan komputer seperti laptop sehingga apa yang di presentasikan nantinya bisa langsung tersimpan dalam format JPEG (foto). Apabila untuk kebutuhan sederhana di rumah maka papan pintar terdengar berlebihan, sebab papan biasa pun sudah cukup.

  • Menentukan ukuran papan,

Ukuran dari papan tulis yang diinginkan juga wajib dipertimbangkan sejak awal karena pilihannya banyak. Papan yang tepat adalah yang tidak hanya bahannya bagus melainkan ukurannya sesuai dengan luas ruangan. Minimal disesuaikan dengan luas dinding kosong yang nantinya menjadi tempat papan tersebut dipasang. Apabila dinding yang tersedia tidak terlalu lebar maka tidak perlu berkecil hati karena memakai yang kecil pun sudah memenuhi fungsinya dengan baik, menariknya semakin kecil papannya harga pun semakin miring.

  • Pertimbangkan materialnya,

Produk papan ini sudah diproduksi secara massal oleh pabrik sehingga pembuatannya memakai standar nasional maupun internasional. Namun Anda bebas memilih hendak memakai papan peraga dari material kayu, triplek, atau yang lainnya. Cek kelebihan dan kekurangan setiap bahan papan peraga tersebut sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan maupun keinginan. Tak melulu material yang sesuai kebutuhan adalah yang paling mahal, jadi silahkan menyesuaikan saja dengan kebutuhan bukannya gengsi. Toh fungsi setiap papan peraga pada akhirnya sama saja.

  • Memilih harga yang sesuai,

Selain ukuran, bahan, dan jenisnya papan peraga juga disediakan oleh banyak pabrikan sehingga mereknya cukup beragam. Beda merek beda kualitas dan desainnya, ditambah beda pula untuk urusan harga. Semakin terkenal mereknya maka akan semakin mahal namun umumnya sejalan dengan kualitas yang semakin memuaskan. Namun idealnya Anda memilih papan peraga ini untuk disesuaikan dengan kondisi kantong. Tak perlu ragu memilih papan tulis yang lebih murah sebab jika sudah menjawab kebutuhan maka sudah cukup.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *