Inilah Beberapa Olahraga di Kursi Kerja yang Bisa Dilakukan Demi Jadikan Tubuh Rileks

Inilah Beberapa Olahraga di Kursi Kerja yang Bisa Dilakukan Demi Jadikan Tubuh Rileks

Bekerja di perkantoran mungkin dipandang pekerjaan yang enak untuk sebagian besar masyarakat. Hal ini lantaran bekerja di kantor identik dengan pakaian yang rapi dan wangi, duduk di kursi kerja yang nyaman dan juga berada di ruangan ber-AC. Namun bagi yang melakukannya, pekerjaan kantor sebetulnya bukan pekerjaan yang seindah itu. Tetap ada tekanan dan tantangan sendiri yang dialami oleh para pekerjanya. Biasanya salah satu tantangannya adalah rasa lelah karena seharian duduk di kursi kantor.

 Inilah Beberapa Olahraga di Kursi Kerja yang Bisa Dilakukan Demi Jadikan Tubuh Rileks

Penelitian sudah menemukan jika duduk terlalu lama misalnya ketika Anda bekerja di kantor, maka akan bisa tingkatkan resiko penyakit kronis misalnya diabetes, cardiovascular hingga kematian dini. Namun ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir hal tersebut misalnya dengan melakukan berbagai olahraga ringan selama Anda di kantor di tengah pekerjaan. Umumnya mereka yang duduk dengan waktu lama maka akan bisa menyebabkan nyeri di punggung, sakit kepala dan bahkan menjadikan tulang keropos.

Gerakan olahraga ringan dalam hal ini akan bisa sangat membantu Anda. Sambil duduk manis di kursi kerja Anda, berikut ini beberapa gerakan yang bisa dilakukan:

  • Rentangkan kedua tangan ke atas, lalu tahan selama 10 detik. Lakukan hal ini sambil duduk saja sehingga rasa pegal yang kerap terasa di bagian lengan akan lebih memudar.
  • Lanjut dengan angkat salah satu tungkai dan tahan selama dua detik. Tungkai harus lurus ke depan, lalu turunkan sampai kaki ada di atas lantai sedikit. Tahan kembali gerakan ini selama beberapa detik sebelum Anda menampakkan kaki ke lantai kembali. Anda bisa melakukan gerakan ini juga pada tungkai satunya dan ulangi gerakannya 15 kali masing-masing.
  • Otot bahu dan dada biasanya adalah bagian yang paling pegal. Jika memang demikian, maka Anda bisa melakukan gerakan dengan menempatkan kedua tangan di pegangan kursi. Selanjutnya angkat bagian bokong dan tubuh perlahan sampai bokong ada beberapa senti dari bantalan kursinya. Tangan harus tetap bertumpu. Jika sudah, tahan beberapa saat lalu duduk kembali dan lakukan gerakan ini berulang 15 kali.
  • Punggung menjadi sasaran kepegalan ketika Anda bekerja di kantor. Oleh karena itu, Anda bisa lakukan gerakan untuk lemaskan bagian punggung serta kencangkan otot bagian lengan atas. Anda bisa pegangan di sisi ujung meja pada dua tangan. Lalu lanjutkan sambil tetap duduk dengan mendorong kursi ke belakang sampai wajah menatap lantai. Kepala ada di posisi antara dua lengan. Lanjut dengan tegakkan lagi punggung sambil tarik kursinya kembali ke meja. Ulangi 15 kali.

Itulah beberapa gerakan mudah yang bisa dilakukan di kursi kerja dan bisa Anda lakukan tanpa harus mengganggu pekerjaan. Coba sekarang juga sehingga kesehatan jangka panjang bisa didapatkan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *