Inilah Cara Memilih Tinta Printer yang Sesuai Kebutuhan

Printer menjadi salah satu perangkat yang amat dibutuhkan dalam kehidupan keseharian. Tak hanya karyawan kantoran saja melainkan pelajar dan mahasiswa pun juga membutuhkannya. Tak heran jika permintaan akan printer ini terus menerus meningkat setiap tahunnya. Hal ini juga tak lepas dari segala dokumen yang kini sudah harus di komputerisasi sehingga menjadikan perlunya mesin cetak ini. Jika Anda mencetak menggunakan printer, maka tentunya akan membutuhkan tinta printer sehingga hasil cetakan bisa keluar.

Tinta pada printer memang memiliki peran yang amat penting. Tak heran jika vendor printer kerap mengeluarkan produk tintanya sendiri sehingga mampu menjamin kualitas hasil cetakan dan ketahanan dari perangkat printer. Namun mengingat harga tinta dari merek printer kerapkali cukup tinggi, tak heran jika banyak masyarakat yang lebih memilih untuk merek lainnya sebagai pengisi tinta. Lalu bagaimana sebetulnya cara memilih tinta untuk printer yang benar? Berikut ini beberapa tipsnya:

  • Sesuaikan kebutuhan cetak
  • Jika Anda akan menggunakan untuk keperluan cetak dokumen saja dengan kertas pada umumnya, maka tinta dye based cocok digunakan karena bahannya dari air, namun sedikit mudah luntur sehingga harganya cukup terjangkau.
  • Jika Anda perlu pencetakan foto atau undangan maka pigment ink akan cocok digunakan karena terbuat dari bubuk sehingga tidak akan mudah luntur dan lebih tahan lama.
  • Sedangkan untuk keperluan cetak media lain seperti mug, maka tinta sublim lebih sesuai sehingga daya rekatnya erat.
  • Pilih dari segi merek

Banyak sekali merek tinta printer yang kini ada di pasaran sehingga membuat banyak pengguna printer kerapkali bingung. Merek pun bisa menjadi acuan yang baik dalam pemilihan tinta karena merek sudah cukup mampu mewakili kualitasnya. Jika Anda ingin memilih yang berkualitas, maka siapkan kocek yang agak dalam juga karena merek-merek terbaik pastilah dibanderol dengan harga terbaik juga.

Baca Juga: PERMASALAHAN CETAKAN PADA PRINTER YANG KERAP TERJADI

  • Pilih dari bahan pembuatan

Bahan utama dalam pembuatan tinta pada dasarnya adalah air, namun ada juga alkohol di dalamnya. Perlu diketahui juga jika tinta dengan kandungan alkohol tinggi cenderung mudah untuk merusak printernya. Anda juga bisa melihat kualitas tinta dengan cara mengocoknya dan jika keluar busa gampang hilang maka tinta ini berkualitas

  • Pilih dari tingkat kekentalan

Tingkat kekentalan yang ada pada tinta cenderung berbeda-beda. Jika tingkat kekentalannya sangat tinggi, sebetulnya kurang baik karena jika terlalu lama disimpan bisa menjadi bentuk lendir yang membuat selang printer tersumbat. Tingkat kekentalan wajar harus dipilih.

Itulah beberapa faktor yang bisa jadi penentu baik atau tidaknya tinta printer itu. Namun semuanya kembali lagi pada harga dan budget Anda sendiri. Selain itu, menyesuaikan pemilihan dengan kebutuhan juga harus dilakukan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *