Inilah Ciri Kursi Kantor yang Membuat Karyawan Nyaman dan Bebas Gangguan Kesehatan

Inilah Ciri Kursi Kantor yang Membuat Karyawan Nyaman dan Bebas Gangguan Kesehatan

Apakah Anda salah satu pegawai pada sebuah perkantoran? Jika benar pasti sering sekali menghabiskan waktu setiap harinya di kantor tersebut. Meja dan kursi menjadi teman setiap saat Anda dihadapkan dengan banyak ataupun sedikit pekerjaan kantor. Nah, supaya Anda tetap nyaman dengan berbagai aktivitas itu tidak ada salahnya untuk memperhatikan kursi kantor ataupun perlengkapan lainnya yang Anda gunakan. Bukan hanya memberikan kenyamanan, pemilihan kursi yang tepat akan memberikan kesehatan pada tubuh Anda.

 Inilah Ciri Kursi Kantor yang Membuat Karyawan Nyaman dan Bebas Gangguan Kesehatan

Banyak sekali gangguan badan yang disebabkan karena terlalu lama duduk didepan komputer dengan kursi dan meja yang salah, diantaranya:

  • Gangguan pegal-pegal pada tulang.
  • Terjadi nyeri pada sendi badan.
  • Mengalami masalah tulang yang terlalu sering aktivitas pada posisi sama.
  • Mengalami kaku karena kurang dapat fleksibel pada kursi tersebut.
  • Pinggul atau pinggang yang selalu nyeri ketika pulang kantor.
  • Kaki atau tangan yang terasa capek dan kaku.

Nah, untuk menghindari beberapa masalah kesehatan badan seperti yang telah disebutkan diatas. Ada baiknya untuk Anda memilih kursi yang tepat, pahami ciri kursi terbaik sebagai berikut:

  • Pilih kursi sesuai ukuran tubuh.

Yang pertama Anda perlu mencoba terlebih dahulu kursi mana yang paling tepat, ini ditentukan berdasarkan ukuran tubuh Anda. Untuk ciri kursi kantor yang baik mempunyai ciri dengan jarak 3 cm dari sisi kanan ataupun kiri Anda. Untuk bagian ujung bantalan kursi juga mempunyai ukuran kurang lebih sekitar 3 cm.

  • Pilih sesuai dengan tinggi badan.

Bukan saja dengan ukuran badan tetapi pahami jika kursi bisa Anda sesuaikan dengan tinggi badan. Artinya ketika Anda duduk tidak merasa terlalu pendek dan ketika Anda berdiri tidak terlalu tinggi. Untuk ukuran standar umumnya sesuai dengan bagian lutut kaki Anda, atau lebih mudahnya pilih kursi fleksibel.

  • Kursi dudukan landai.

Gunakan kursi dengan posisi dudukan yang landai, ini merupakan salah satu cara untuk membuat posisi tulang belakang Anda tetap baik. Atur kemiringan kurang lebih sekitar 20 sampai dengan 30 cm.

  • Pilih sandaran kursi tepat.

Terakhir memilih berdasarkan sandaran pada kursi Anda, ada baiknya pilih sandaran yang memang fleksibel jadi bisa diatur sesuai dengan keinginan Anda. Jika memungkinkan pilih kursi yang mempunyai sandaran pada bagian kepala.

Nah, itulah beberapa ciri yang bisa Anda perhatikan untuk menilai apakah kursi tersebut baik atau tidak digunakan. Setelah muncul hal itu ada baiknya untuk memperhatikan cara duduk Anda baik dalam posisi tegak, kepada yang diatur, posisi tangan sampai dengan bagian kaki. Jika pemilihan kursi kantor dan cara duduk Anda sudah tepat, bukan tidak mungkin Anda lebih nyaman melakukan kegiatan pekerjaan dan terbebas dari berbagai gangguan kesehatan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *