Jadikan Monitor Lebih Awet dengan 4 Perawatan Mudah Berikut Ini!

Jadikan Monitor Lebih Awet dengan 4 Perawatan Mudah Berikut Ini!

Kini nyaris semua orang aktif menggunakan komputer sehingga bisa memanfaatkan keahlian ini untuk menghasilkan rezeki. Bisa digunakan untuk melamar pekerjaan di bagian office bisa pula membuka kursus atau jasa terkait penggunaan komputer, misalnya jasa pengetikan naskah. Komputer sendiri tersusun atas beberapa bagian dan salah satunya adalah monitor yang merupakan media output yang menampilkan hasil pemrosesan data yang dimasukkan melalui keyboard. Layar komputer ini tentu punya jenis dan ukuran yang beragam, model terbaru adalah layar LED yang datar dan tipis.

Jadikan Monitor Lebih Awet dengan 4 Perawatan Mudah Berikut Ini!

Jadikan Layar Komputer Lebih Awet

Berhubung apa yang Anda kerjakan di depan komputer hasilnya akan terlihat di layar komputer sudah tentu perlu dirawat dengan baik agar awet. Kalau tidak dirawat cenderung kotor dan mudah rusak, padahal perawatannya cukup mudah, seperti:

  • Tambahkan stavolt,

Layar komputer umumnya akan cepat rusak ketika berada di tempat yang aliran listriknya tidak stabil. Maka untuk menjadikannya tetap berfungsi normal usahakan menambahkan stavolt yang berfungsi menstabilkan arus listrik ke perangkat satu ini. Paling bagus adalah stavolt motor hanya saja harganya di pasaran cukup mahal, namun dijamin awet dan kemampuannya paling bagus.

  • Bersihkan secara berkala,

Layar monitor Anda juga wajib dibersihkan secara teratur supaya tampilan layarnya sedap dan nyaman untuk dipandang. Layar komputer ini bisa dikatakan mudah sekali kotor apalagi debu dengan mudahnya menempel di seluruh bagiannya. Kalau dibiarkan akan semakin tebal dan tampilan layar nampak semakin buram. Oleh sebab itu musti dibersihkan secara teratur, gunakan lap dengan permukaan lembut lalu basahi dengan sedikit alkohol supaya bersih dan jernih kembali.

Baca juga:TIPS MEMILIH LAYAR MONITOR TERBAIK UNTUK PARA PECINTA GAMING

  • Segera matikan setelah selesai digunakan,

Memakai layar komputer terlalu sering sah saja dilakukan dan dijamin akan tetap awet asalkan dipakai dengan bijak. Salah satunya dengan mematikan layar tersebut setiap kali selesai digunakan, jadi jangan sampai dibiarkan dalam kondisi standby. Ditunjukkan dengan adanya lampu indikator di layar yang masih berwarna hijau atau merah, sehingga perlu menekan tombol power untuk mematikannya. Asalkan dimatikan selepas digunakan maka layar ini akan tahan lama, sebab komponennya tidak mudah panas lantaran punya waktu istirahat.

  • Tempatkan di ruang ber-AC,

Apabila komputer yang dimiliki atau digunakan nantinya akan dinyalakan selama 24 jam, misal di kantor atau di pabrik industri. Maka idealnya komputer tersebut ditempatkan di ruangan ber-AC untuk menstabilkan suhunya. Layar komputer akan mudah panas dan soak apabila dinyalakan tanpa jeda, supaya bisa tetap awet perlu didinginkan dengan AC di ruangan dimana komputer tersebut ditempatkan. Jadi jangan asal menempatkan perangkat komputer karena kalau salah memilih resikonya monitor ataupun bagian yang lain akan rusak.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *