Jangan Asal Beli Printer, Pilihlah Jenis yang Sesuai Kebutuhan Anda!

Jangan Asal Beli Printer, Pilihlah Jenis yang Sesuai Kebutuhan Anda!

Guna keperluan mencetak dokumen, baik itu dalam jumlah sedikit maupun banyak, printer memang sudah jadi bagian yang sangat penting, mesin pencetak ini nantinya akan dihubungkan dengan sebuah perangkat komputer atau dihubungkan dengan menggunakan laptop, kemudian bisa dioperasikan. Umumnya mesin cetak yang satu ini juga bisa secara mudah didapatkan di pasaran dengan tawaran harga bervariatif, mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah, tergantung pada pilihan merknya. Karena semakin bagus maka harganya juga akan semakin mahal.

Jangan Asal Beli Printer, Pilihlah Jenis yang Sesuai Kebutuhan Anda!   

Namun bukan berarti yang murah tidak berkualitas, tinggal konsumen sendirilah yang harus pintar-pintar di dalam memilihnya agar mendapatkan produk terbaik. Namun sebelum membeli, sebelumnya wajib terlebih dahulu untuk mengetahui ragam atau jenis dari alat cetak yang satu ini, sehingga tak salah menjatuhkan pilihan, diantaranya adalah: 

  1. Inkjet, jenis printer ini memompa tinta kemudian akan membentuk gambar atau tulisan sesuai dengan yang diharapkan. Harganya terbilang murah jika dibandingkan dengan model yang lainnya, namun juga demikian, jika melihat dari segi mesinnya yang memang versi pompa, terkadang tinta tidak bisa dialirkan atau bermasalah, sehingga harus sering di service agar tak rusak. Hasil cetakannya bagus dan juga lebih cepat dibandingkan versi dot matriks.
  2. Dot matriks, ini adalah versi alat cetak yang lama, dimana cara kerjanya adalah dengan mengandalkan sebuah titik-titik kecil. Sehingga jika dibandingkan dengan jenis alat cetak masa kini, maka kualitasnya tentu akan berbeda jauh. Biasanya dipakai untuk mencetak hasil kerja yang didapatkan dari sebuah mesin ketik lama, kecepatan cetaknya relatif rendah, begitu juga harganya yang murah.
  3. Laser jet, ini adalah seri mesin cetak yang banyak dipakai di beberapa bisnis percetakan, ukurannya relatif besar dan kurang cocok dipakai untuk kebutuhan pribadi, kualitas cetakannya bagus dan memiliki kecepatan cetak tinggi, lebih awet dibandingkan dengan versi inkjet, hanya saja harga memang lebih mahal.
  4. Mesin cetak LED atau LCD, ini adalah generasi terbaru yang menggunakan light emitting diode atau yang dikenal sebagai LED untuk menghasilkan sebuah cetakan. Ukurannya kecil sehingga praktis untuk ditempatkan dimanapun, ringan dan juga memiliki kualitas cetakan yang bagus, namun juga demikian, dari segi harganya mahal, jika tidak dipakai untuk waktu yang lama akan cepat rusak.
  5. Plotter, seri yang satu ini umumnya dipakai untuk mencetak sebuah gambar, yang memiliki permukaan timbul dan juga warna yang lebih penuh atau full colour. Contohnya adalah dipakai untuk mencetak sticker, vinyl atau sejenisnya. Hasil cetakan bagus dengan warnanya yang nyata, namun tergolong sangat boros tinta.

Pilihlah jenis printer yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda, untuk cetak pekerjaan sekolah atau kantor hingga berbisnis.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *