Jenis-Jenis Dan Kriteria Meja Kantor Sesuai Dengan Kebutuhan

Salah satu perabotan yang menunjang kegiatan atau aktivitas pekerjaan adalah meja kantor. Meja adalah perabotan yang bentuknya datar, disokong oleh empat buah kaki meja. Meja umumnya dipasangkan dengan kursi. Karena fungsinya untuk mempermudah dan membantu pekerjaan, maka memilih meja untuk di kantor tidak bisa sembarangan.

Perlengkapan atau perabotan kantor fungsinya adalah membantu karyawan bekerja dengan produktif. Itu sebabnya memilih perlengkapan kantor seperti meja harus sesuai dengan kebutuhan. Misalnya: meja yang digunakan oleh pekerja desain berbeda dengan meja yang digunakan oleh sekretaris karena kebutuhan dan jenis pekerjaannya berbeda.

Jenis-Jenis Meja Untuk Di Kantor

Ada beberapa jenis meja kantor berdasarkan fungsi dan ukurannya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Meja Besar adalah meja yang digunakan untuk pimpinan atau direktur perusahaan. Umumnya meja ini bagian depannya tertutup. Ukurannya adalah:

Panjang: 121,5 cm, tinggi: 74cm dan lebar: 71-80cm.

  • Meja Sedang adalah meja yang biasanya digunakan untuk kepala bagian atau personalia. Ukurannya meja ini adalah:

Baca Juga: INFORMASI HARGA MEJA KANTOR MODEL PALING BARU, JANUARI 2017

Panjang: 96,5cm, tinggi: 74cm dan lebar: 71cm.

  • Meja biasa adalah meja yang digunakan untuk para karyawan atau pegawai. Meja ini memiliki ukuran:

Panjang: 120cm, tinggi: 75cm dan lebar: 70-72cm.

  • Meja khusus adalah meja yang ukuran dan modelnya disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi meja itu sendiri. Contohnya seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, meja untuk para desainer berbeda dengan meja untuk kerja umumnya. Biasanya meja ini ukurannya lebih lebar, kadang di bagian depannya diberi alas yang posisinya agak miring ke depan. Desain meja tersebut digunakan untuk membantu proses menggambar atau menyimpan hasil desain.
  • Meja rapat adalah meja yang khusus didesain untuk kebutuhan rapat. Dimana ukurannya disesuaikan dengan ruangan dan jumlah orang yang mengikuti rapat. Ada banyak jenis meja ini, ada yang khusus untuk pertemuan kecil dan ada juga yang khusus di desain untuk pertemuan besar dengan jumlah orang yang banyak.

Kriteria Meja Untuk Kantor Yang Ideal

Karena fungsi meja di kantor adalah untuk menunjang pekerjaan, maka sudah seharusnya meja yang dipilih memenuhi kriteria atau persyaratan yang harus dipenuhi. Beberapa persyaratannya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Permukaan atau alas meja tidak mengkilat karena jika mengkilat bisa mengganggu mata karyawan saat menggunakannya. Karena silau oleh pantulan cahaya yang muncul dari permukaan meja.
  • Sebaiknya luas meja yang digunakan tidak terlalu berlebihan. Berbeda dengan meja khusus untuk rapat, yang umumnya berbentuk huruf U. luas atau ukuran meja sebaiknya disesuaikan dengan ukuran ruangan di kantor dimana meja tersebut akan diletakkan.
  • Sebaiknya pilih model meja kantor yang bagian bawahnya terbuka karena membantu sirkulasi udara keluar masuk dengan baik.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *