Jenis-Jenis Karpet Lantai Berdasarkan Konstruksi Dan Bentuknya

Lantai merupakan element penting yang mempengaruhi kenyamanan sebuah ruangan di dalam rumah atau bangunan lainnya. Itu sebabnya banyak orang yang memilih melapisi lantainya dengan karpet. Kelebihan menggunakan karpet lantai, selain mempercantik ruangan juga bisa memberikan kehangatan dalam ruangan.

Jika Anda memiliki rencana akan melapisi rantai harus mengetahui apa saja yang penting dijadikan bahan pertimbangan agar tidak salah memilih karpet yang digunakan. Pertama-tama yang harus diketahui lebih dulu adalah jenis karpet berdasarkan konstruksinya. Karena kedua hal tersebut yang akan memandu Anda memilih karpet yang tepat. Berikut ini kami akan mengulas jenis-jenis karpet berdasarkan konstruksi dan bentuknya.

Jenis-Jenis Karpet Berdasarkan Konstruksinya

  • Karpet Rumbai

Karpet jenis rumbai adalah karpet yang dibuat menggunakan mesin tenun. Berbagai pola karpet ini menggunakan benang sintesis dan ratusan jarum untuk menjahit baris benang melalui kain. Daya tahan karpet ini dapat bertahan dalam waktu yang lama dan kokoh.

  • Karpet Tenun

Karpet tenun adalah karpet yang dibuat dengan tangan atau mesin tenun. Jika digunakan dengan mesin tenun caranya dilakukan bersamaan dengan benang. Karpet ini terlihat lebih mewah dengan kualitas premium dan harganya lumayan mahal.

Jenis-Jenis Karpet Berdasarkan Bentuknya

  • Karpet Tile

Karpet tile adalah karpet yang bentuknya menyerupai keramik atau ubin yaitu dengan garis dan warna yang saling berkesinambungan. Kesannya sederhana namun terlihat elegan. Pemasangan karpet ini lebih mudah karena bisa disesuaikan dengan keinginan dan disusun dengan arah yang berbeda. dari segi perawatannya juga lebh mudah, jika rusak pengguna bisa langsung ganti bagian yang rusaknya saja. Jika karpet kotor bisa dicuci. Biasanya karpet lantai ini digunakan di ruangan yang luas seperti ruangan meeting atau perkantoran.

  • Karpet Permadani

Karpet jenis ini biasanya digunakan diruangan yang santai, seperti ruang keluarga. Selain untuk mempercantik ruangan, karpet permadani digunakan untuk alas duduk bersantai bersama keluarga agar lebih hangat.

  • Karpet Meteran

Seperti namanya, karpet ini dijual dalam bentuk gulungan atau meteran. Bentuk karpet persegi panjang dan ukurannya bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Karpet ini biasanya digunakan di tempat-tempat peribadahan seperti: untuk mesjid dan digunakan untuk acara-acara tertentu.

Tips Memilih Karpet Yang Tepat

Nah, jika Anda sudah menentukan jenis karpet yang sesuai dengan keinginan dan selera langkah selanjutnya adalah memilih karpet dengan bahan pertimbangan sebagai berikut:

  • Sesuaikan ukuran karpet dengan kebutuhan ruangan.
  • Sesuaikan dengan lokasi dimana karpet tersebut dipasang, apakah di tempat yang banyak dilalui orang atau tidak. Jika banyak dilalui orang sebaiknya pilih karpet yang tipis.
  • Sesuaikan Warna dan tekstur sesuai dengan kondisi ruangan dan pencahayaan.
  • Sesuaikan dengan kemampuan perawatannya.
  • Pilih toko yang berkualitas.

Pastikan karpet lantai yang Anda pilih mendapatkan garansi.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *