Karakter dan Ciri Model Rumah Modern Minimalis

Di zaman yang serba canggih ini rumah tinggal yang nyaman, efisien dan praktis sangat dibutuhkan masyarakat, terutama di perkotaan. Terlebih aktivitas masing-masing individu yang sangat tinggi di luar rumah membuat mereka menginginkan rumah yang sempurna untuk melepaskan diri dari kepenatan dan menikmati waktu bersama keluarga. Model rumah modern minimalis sangat digandrungi masyarakat perkotaan karena dianggap mampu memenuhi harapan mereka akan rumah yang nyaman.

Model rumah minimalis berawal dari desain rumah modern yang dikembangkan menjadi bentuk yang lebih sederhana, baik eksterior maupun interior. Menurut kebanyakan orang, model ini menggambarkan gaya hidup masa kini yang cenderung cepat, praktis, efektif, dan efisien dalam segala hal.

Dari segi bentuk bangunan, model rumah modern minimalis memiliki karakter sebagai berikut:

  • Terdapat sudut siku tegak lurus pada setiap pertemuan bidang
  • Konstruksi volume berbentuk metrik
  • Terdapat konstruksi garis lurus dengan bidang datar
  • Interior ruangan berurutan dan mempunyai banyak fungsi
  • Terdapat pengulangan modul
  • Sistem struktur yang rapi dan jelas
  • Sistem sirkulasi udara dan pencahayaan yang ringkas

Model rumah minimalis lebih mengedepankan pendekatan estetika dan fungsional. Ini ditandai dengan adanya ruangan yang spesifik dan didesain sedemikian rupa agar memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi. Prinsipnya, rumah minimalis lebih mengutamakan kesederhanaan dan multifungsi.

Minimal furniture

Rumah minimalis hanya akan diisi dengan furniture ataupun perabot yang disesuaikan dengan fungsi ruangan. Sebagai contoh, ruang tamu hanya akan diisi dengan satu set meja dan kursi atau satu set sofa. Akan keluar dari jalur minimalis jika kita menempatkan vas bunga ataupun taplak meja yang memiliki banyak detail. Kamar tidur hanya berisi tempat tidur sederhana yang tidak memakan banyak tempat, dan bisa ditambahkan dengan meja rias sederhana atau rak buku. Ruang tengah idealnya hanya berisi televisi dengan karpet dan bantal besar.

Mengutamakan kualitas daripada kuantitas

Daripada mempunyai banyak barang di rumah Anda, konsep minimalis hanya akan memilih beberapa barang yang benar-benar Anda butuhkan dan berarti buat Anda.

Cat dinding yang bersih

Pada model rumah minimalis, sebagian besar dinding harus diwarnai dengan cat berwarna netral atau terang atau dengan motif yang teratur. Tidak ada pernak-pernik, hiasan pada dinding rumah minimalis agar rumah terkesan lebih lapang. Jadi, sebisa mungkin Anda harus menyingkirkan barang-barang yang dirasa kurang penting.

Dekorasi

Bersih bukan berarti tidak ada dekorasi rumah sama sekali dan terkesan membosankan. Anda bisa  memasang wallpaper yang memiliki motif dan warna yang sederhana, mempunyai pola teratur dan tidak mempunyai banyak warna.Anda juga bisa memilih lukisan ataupun kerajinan sederhana namun artistik sebagai dekorasi.

Apapun model atau desain eksterior dan interior rumah minimalis Anda, selalu utamakan fungsi tiap-tiap ruangan dan jangan lupakan nilai estetikanya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *