Kelebihan dan Kekurangan Pensil Sebagai Alat Tulis

Alat tulis mempunyai banyak jenis yang ada dan bisa dipilih tergantung dari kebutuhannya. Salah satu jenis alat tulis yang banyak digunakan masyarakat adalah pensil yang merupakan alat tulis untuk banyak kegunaan dan mempunyai bentuk seperti alat tulis pada umumnya yaitu panjang dan bulat. Alat tulis ini biasanya terbuat dari bahan kayu yang bisa untuk menghasilkan tulisan yang bisa dihapus, tidak seperti bolpoin yang tidak bisa dihapus dengan mudah.

Tulisan dari alat tulis jenis ini memang lebih mudah dihapus sehingga akan memudahkan untuk dapat memperbaiki tulisan yang salah. Selain dihapus dengan alat penghapusnya, juga ada banyak cara lain yang bisa digunakan untuk menghapus tulisan dari alat ini. Sehingga akan sangat memudahkan apabila akan menghapus tetapi tidak mempunyai alat penghapus. Dimana yang Anda butuhkan hanya alat dari bahan karet sehingga akan dapat menghapus tulisannya dengan mudah seperti misalnya dengan karet gelang atau karet yang digunakan untuk menguncir rambut. Dengan begitu akan lebih mudah untuk menemukan alat yang digunakan untuk menghapus tulisan dari alat yang satu ini. Tidak seperti tulisan dari bolpoin yang akan membutuhkan alat khusus untuk menghapusnya.

Kelebihan lainnya dari tulisan yang dihapus menggunakan pensil ini juga tidak akan membuat bekas pada tulisan. Sehingga tetap membuat tulisannya lebih rapi apabila terdapat kesalahan penulisan. Tidak seperti dengan bolpoin yang apabila dihapus dengan tipe x akan meninggalkan bekas sehingga tidak membuat tulisannya rapi. Selain dengan tipe x, biasanya orang juga akan lebih memilih untuk mencoret tulisan tersebut yang juga akan meninggalkan bekas dan membuat tulisan yang dicoret tersebut tidak rapi. Oleh karena itulah untuk tulisan yang salah akan lebih baik menggunakan alat yang satu ini daripada bolpoin.

Selain itu keuntungan lainnya dari alat ini adalah mempunyai banyak sekali seperti misalnya berikut ini

  • Harganya yang lebih murah daripada bolpoin yang bisa dibeli mulai dari 1000an saja.
  • Mempunyai banyak sekali desain yang bisa dipilih dari yang berbahan dasar kayu, atau juga plastik yaitu yang mempunyai isi.
  • Tidak akan menghasilkan sampah apabila tidak terpakai karena bisa habis yang terbuat dari bahan kayu.
  • Mempunyai banyak kegunaan seperti digunakan untuk ujian nasional sehingga lulus sensor komputer, bisa digunakan untuk menggambar, dan juga kegunaan lainnya.

Sedangkan pensil selain menawarkan banyak keuntungan yang ditawarkan, juga mempunyai beberapa kekurangan yang ada. Misalnya adalah dari tulisannya yang tidak tahan lama tidak seperti bolpoin yang akan tetap jelas apabila dibuka kembali. Tulisan dari alat yang satu ini akan memudar dan juga mudah untuk menghilang. Sehingga bisa untuk tidak terbaca lagi apabila merusakkan tulisan lama.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *