Ketahui Cara Memilih Karpet Lantai Sesuai Fungsi Ruangan

Dekorasi dan desain ruangan yang tepat bisa menjadi langkah yang tepat untuk membuat ruangan menjadi lebih indah dan sedap dipandang. Salah satu cara mudahnya adalah dengan menempatkan karpet pada ruangan sehingga ruangan bisa tampak berbeda. Karpet lantai mungkin kerapkali dianggap sebagai benda yang sepele, padahal ketika karpet ditempatkan pada tempat dan ruangan yang tepat, maka akan bisa memberikan dampak besar untuk keseluruhan.

Dalam memilih karpet ini, bukan hanya berdasarkan motif dan warna sesuai selera Anda saja, melainkan juga harus mempertimbangkan segi lainnya, terutama dari segi estetika nya. Tentunya Anda tidak akan mau buang uang untuk bisa mendapat karpet mahal namun ternyata setelah diletakkan justru tidak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu, simak beberapa tips berikut ini untuk mendapatkan karpet lantai yang sesuai ruangan:

  • Berdasarkan fungsi ruangan

Karpet lembut akan cocok dipakai pada ruangan yang butuh kenyamanan ekstra seperti di kamar tidur. Selanjutnya, karpet dengan bahan mudah dibersihkan akan lebih cocok dipakai di bawah meja makan karena jika ada makanan yang jatuh akan lebih mudah pembersihannya. Untuk karpet dengan bulu yang pendek serta berkualitas, Anda akan cocok untuk meletakkannya pada ruang keluarga dan ruang berkumpul.

  • Polos atau motif

Selanjutnya adalah motif pada karpet. Kini motif pada karpet sudah banyak tersedia mulai dari motif kartun, flora, fauna dan lainnya. Untuk bisa menempatkan dengan tepat, maka Anda bisa melihat sekeliling Anda. Jika sekeliling ruangan telah dipenuhi dengan perabotan, maka Anda bisa memilih karpet polos satu warna. Namun jika memang ruangan tersebut tampak lapang dan terlalu polos, maka karpet motif bisa jadi pilihan tepat.

Baca Juga:  AGAR TAK SALAH PILIH, KETAHUI DULU JENIS KARPET LANTAI YANG ADA DI PASARAN

  • Warna

Pemilihan karpet tentu juga butuh pemilihan warna yang tepat. Karpet warna gelap akan mampu memberikan nuansa yang elegan dan berat ke ruangan Anda sedangkan karpet yang berwarna cerah, cenderung bisa menampilkan kesan ceria dan ringan. Berbeda lagi dengan karpet yang berwarna mencolok bisa memberikan kesan pada ruangan agar lebih hidup.

  • Material karpet

Karpet terdiri dari beragam jenis bahan pembuatan mulai dari karpet berbahan alami seperti rami, wol dan lainnya. Untuk Anda yang memiliki anggota keluarga dengan keluhan seperti alergi debu, maka memilih material karpet yang tepat juga bisa menjadi faktor penentu kesehatan. Untuk rekomendasi material karpet yang bagus adalah karpet wol dimana bahannya awet, hangat dan mudah dalam pembersihannya.

Itulah beberapa tips untuk bisa memilih karpet lantai yang sesuai dengan ruangan. Jangan lupa untuk selalu merawat karpet yang sudah Anda miliki sesuai dengan material pembuatannya sehingga karpet bisa tetap awet dan tahan lama.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *