Ketahui Penyebab Koneksi Internet Kantor Lambat dan Solusinya dengan Menyimak Ulasan Ini!

Ketahui Penyebab Koneksi Internet Kantor Lambat dan Solusinya dengan Menyimak Ulasan Ini!

Peranan internet dalam kehidupan sehari-hari semakin tidak bisa dipisahkan. Hal ini karena hampir semua kegiatan yang dilakukan menjadi lebih mudah dengan adanya internet. Sebuah kantor juga membutuhkan jaringan internet untuk menyelesaikan tugas-tugas penting agar lebih efektif dan efisien. Namun sayangnya, dalam pelaksanaannya penggunaan internet di kantor terkadang melenceng dari tujuan seharusnya. Internet kantor yang seharusnya digunakan untuk memudahkan pekerjaan, tak jarang digunakan untuk kegiatan pribadi, seperti mendownload video dan lagu, bermain game, atau streaming film. Akibatnya koneksi internet kantor menjadi lambat dan berimbas pada pekerjaan yang lama selesai.

Ketahui Penyebab Koneksi Internet Kantor Lambat dan Solusinya dengan Menyimak Ulasan Ini! 

Selain itu, penyebab internet lambat juga tidak hanya karena pemakaian yang tidak sewajarnya saja. Bahkan jika ditelusuri lebih lanjut, akan ada banyak faktor yang melatarbelakanginya. Untuk itu perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu agar Anda bisa menemukan solusi penanganannya. Beberapa faktor penyebab itu diantaranya sebagai berikut:

  • Jenis paket internet yang digunakan.

Jenis paket internet yang digunakan juga turut mempengaruhi laju koneksi pada internet. Untuk paket internet instan umumnya akan lebih lambat dibandingkan dengan jenis paket internet unlimited. Namun jika sudah menggunakan paket internet unlimited tetapi koneksi masih lemot, maka Anda perlu mempertimbangkan layanan paket internet unlimited dengan kecepatan yang lebih tinggi. Terlebih untuk perusahaan dengan banyak karyawan yang bekerja dengan mengandalkan koneksi internet.

  • Spesifikasi komputer.

Meskipun dalam keadaan normal spesifikasi komputer tidak berpengaruh pada koneksi jaringan internet. Namun jika diharuskan untuk mengeksekusi data dari internet, komputer Pentium III masih kalah kencang dibandingkan dengan yang Pentium IV. Untuk itu, saat memilih komputer untuk bekerja dengan dukungan internet, pilihlah yang sudah berspesifikasi sekurangnya Pentium IV dengan memori 1GB.

  • File sampah dari aktivitas internet yang menumpuk pada komputer.

Bekerja dengan internet setiap harinya membuat cache, cookies, browsing history, dll memenuhi memori RAM. Memang jika dibiarkan akan memudahkan akses kembali jika dibutuhkan sewaktu-waktu. Namun jika menumpuk banyak akan memperlambat kinerja komputer. Untuk itu bersihkan file-file sampah pada komputer secara rutin agar kegiatan internet lancar.

  • Adanya overload traffic internet.

Jika Anda mengakses internet di jam-jam sibuk, bisa dipastikan koneksi menjadi sangat lambat. Karena di jam-jam tersebut, puluhan juta orang menggunakan internet sehingga server internet menjadi lebih sibuk. Untuk itu, sebaiknya akses internet di jam-jam tidak sibuk.

  • Cuaca yang tidak mendukung.

Cuaca buruk juga menghambat layanan internet sampai ke perangkat wireless. Untuk itu pergunakan internet saat cuaca sudah mulai membaik.

  • LAN mengalami kendala teknis.

Pengguna internet yang banyak akan membuat koneksi internet melambat. Hal ini karena band witch harus dibagi-bagi antara satu pengguna dengan pengguna lainnya. Selain itu LAN yang bermasalah juga bisa menjadi pemicu hal ini. Misalnya karena kondisi socket kotor, terlalu longgar, dlsb yang akhirnya membuat transmisi data kurang lancar. Solusinya Anda harus melakukan perbaikan LAN sesegera mungkin.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *