Langkah Menyiapkan Kantor Minimalis di Rumah Sendiri

Memiliki kantor minimalis di dalam rumah tentu sangat menyenangkan. Terutama bagi Anda yang kerja freelance di rumah atau yang memerlukan waktu tambahan mengerjakan pekerjaan kantor. Dengan memiliki ruang kerja pribadi akan lebih leluasa mengerjakan pekerjaan tanpa khawatir diganggu siapapun.

Ruang kerja di dalam rumah harus dapat memenuhi kebutuhan dan ditata senyaman mungkin, sehingga membuat suasana kerja lebih menyenangkan dan rileks. Nah, bagi Anda yang sedang merencanakan membuat kantor minimalis pribadi, berikut ini kami berikan tips menata ruangan kerja pribadi yang nyaman.

  • Pilih ruangan untuk ruang kerja

Pertama-tama pilih ruangan yang cocok untuk ruangan kerja. Ada dua hal yang bisa Anda pilih salah satu, yaitu: menggabungkan ruang kerja dengan ruang tidur atau memilih satu ruang khusus untuk dijadikan ruang kerja.

Jika rumah Anda tidak terlalu besar, bisa manfaatkan sedikit ruang sisa yang kosong untuk di jadikan ruang kerja, misalnya di ruang tamu. Kunci memilih ruang kerja yang ideal adalah yang jauh dari keramaian dan gangguan karena Anda harus konsentrasi bekerja/ mengerjakan apa yang sedang dikerjakan.

  • Buat konsep desain ruangan

Setelah menentukan ruangan mana yang akan digunakan, lanjutkan dengan membuat konsep ruangan kerja. Alangkah menyenangkan jika ruangan adalah hasil konsep Anda sendiri, Anda bisa memilih satu tema khusus misalnya memilih warna cat, furniture yang digunakan dsb.

Baca Juga : PEMBAHASAN SEPUTAR PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN PERLENGKAPAN KANTOR

  • Mengatur dan menatap perlengkapan kerja

Siapkan furnitur perlengkap kerja seperti: meja, kursi, laptop atau komputer. Jika Anda menggabungkan ruang kerja dengan perpustakaan pribadi sebaiknya pilih konsep penyimpanan buku dengan memilih konsep minimalis. Karena selain sebagai rak penyimpanan buku, bisa terlihat lebih nyaman dan tidak memakan banyak tempat.

Selebihnya siapkan perlengkapan kecil lainnya, seperti: kalender, jam, peralatan tulis, buku dsb. Pastikan semua yang Anda butuhkan tersedia di ruangan kerja.

  • Desain ruangan dengan nyaman

Poin lainnya yang menentukan kenyamanan sebuah ruangan adalah penataan barang-barang. Dengan penataan yang rapih dan nyaman bisa membuat Anda betah bekerja di rumah. Selain itu pemilihan furniture juga menentukan kenyamanan saat kerja, misalnya: pemilihan meja dan kursi yang nyaman saat digunakan. Apalagi mengharuskan Anda duduk berjam-jam di kursi.

  • Pencahayaan ruangan yang cukup

Ketika Anda bekerja di depan laptop atau komputer pasti akan terkena cahaya dari layarnya. Agar mata Anda sehat pastikan cahaya di ruangan cukup, pilih lampu yang warnanya putih terang.

Demikian tip yang bisa Anda coba aplikasikan untuk membuat kantor minimalis di rumah. Selain itu Anda bisa memodifikasi ruang sehingga tidak jenuh saat bekerja dan jangan lupa selalu jaga kebersihan dan kerapihan ruangan. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *