Langkah Mudah untuk Percepat Koneksi Internet

Langkah Mudah untuk Percepat Koneksi Internet

Dengan tersedianya teknologi digital yang semakin canggih, membuat hampir semua orang memerlukan koneksi jaringan atau internet. Koneksi internet ini diperlukan untuk mengakses berbagai macam informasi demi menunjang keperluan kehidupan.

Langkah Mudah untuk Percepat Koneksi Internet

Bicara soal koneksi internet, banyak sekali cara yang bisa dipakai agar Anda bisa tersambung ke internet. Anda bisa menggunakan jaringan seluler fiber optik yang banyak diproduksi oleh penyedia layanan, atau dengan menggunakan jaringan Wi-Fi. Dibanding jaringan seluler, Wi-Fi lebih banyak diminati karena bisa diakses secara gratis seperti di kafe, perpustakaan, kampus, bahkan taman.

Percepat Koneksi Jaringan di Android

Saat Anda mengakses Wi-Fi pada Android, tak jarang Anda mengalami masalah yang mengganggu. Kebanyakan orang akan menganggap bahwa gangguan tersebut berasal dari Internet Service Provider (ISP)-nya, padahal belum tentu, karena bisa saja akibat akses point berjauhan atau sinyal lemah.

Untuk membuat koneksi jadi lebih cepat, Anda bisa mencoba restart Wi-Fi router yang Anda gunakan atau update browser dan OS Android Anda ke versi yang baru sebab versi lama memiliki tingkat konektifitas Wi-Fi yang lebih lambat. Selain itu, cek aplikasi yang bekerja di balik layar, tutuplah aplikasi yang tidak digunakan. Anda juga bisa menghapus cache, story, cookies, maupun konten browser yang tidak diperlukan. Atau ganti browser smartphone Anda.

Coba juga ubah konfigurasi Wi-Fi pada perangkat Android, caranya, Anda tinggal masuk ke Pengaturan, pilih bagian “Wireless dan Network Options”. Kemudian pilih WiFi Settings – Advance Option – WiFi Optimization. Hal tersebut bisa meringankan masalah yang terjadi pada koneksi internet di Android Anda.

Pakai Aplikasi Tambahan

Anda juga bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk menyetabilkan koneksi WiFi dengan mendownload aplikasi Veloxity-WiFi & Mobile Network Speed yang berfungsi untuk utilisasi kualitas jaringan dan data pada Android. Selain itu, Anda juga bisa pakai aplikasi WiFi Booster & Analyzer atau WiFi Doctor-Detect & Boost.

Koneksi Internet di Laptop

Jika Anda memakai koneksi jaringan WiFi di Laptop atau perangkat komputer lain, Anda bisa mempercepat koneksi internet dengan menggunakan CMD atau Command Prompt yang merupakan Command Line Interpreter yang disediakan oleh Microsoft untuk sistem operasi Windows. Anda bisa melakukan hal tersebut dengan cara berikut:

  • Klik Start Menu, cari aplikasi CMD>klik kanan dan pilih “Run as Administrator”
  • Ketik netsh int tcp show global
  • Ketik netsh int tcp set chimney-enabled
  • ketik netsh int tcp set global autotuninglevel=normal
  • Ketik netsh set global congestionprovider=ctcp

Anda juga bisa membersihkan DNS melalui CMD dengan mengetikan “ipconfig/ flushdns” atau mempercepat internet Anda dengan ketik “netsh int ip reset” lalu enter. Selain itu, stabilkan juga internet Anda dengan melakukan ping pada default gateway yang Anda gunakan. Anda tinggal ketik “Ping –t “masukan alamat default gateway””, lalu enter pada jendela CMD.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *