Lebih Sehat Gunakan Laptop, Pastikan Pemakaian dengan Meja Laptop yang Ergonomis

Laptop sudah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi orang dewasa maupun anak-anak, termasuk diantaranya adalah menunjang pekerjaan di kantor juga untuk belajar atau mengerjakan tugas sekolah. Sehingga tak jarang diantaranya yang memiliki ketergantungan pada benda yang satu ini. Di mana-mana akan selalu menyempatkan diri untuk membukanya dan menggunakannya. Namun pastikan bahwa dimanapun Anda memakai laptop tetap dalam kondisi yang sehat, sehingga tak menyebabkan perangkat teknologi tersebut mengalami kerusakan. Seperti diantaranya dengan dasaran atau tatakan yang rata. Selalu bawa meja laptop kemanapun.

Salah satu faktor yang menyebabkan kerusakan perangkat teknologi ini memang berasal dari kebiasaan penggunaan yang tak sehat. Seperti diantaranya adalah Anda yang terlalu sering memakainya di luar ruangan tanpa beralaskan meja atau benda-benda yang datar, sehingga membuat sirkulasi udara laptop tidak berjalan lancar, akibatnya udara panas yang seharusnya dikeluarkan menjadi masuk kedalam, hal ini sering kali menyebabkan beberapa macam komponen menjadi rusak. Salah satu diantaranya adalah bagian kipas dalam atau cooling pad.

Bukan hanya itu, ternyata menggunakan laptop tanpa diimbangi dengan meja juga bisa mengganggu kesehatan Anda. Contohnya saja ukuran meja laptop yang tak dipakai terlalu pendek dari bentuk tubuh, membuat penggunanya sangat rentan mengalami perubahan postur tubuh menjadi bungkuk, ataupun rasa tak nyaman pada bahu dan bagian tubuh lainnya. jadi pastikan untuk memilih yang serinya ergonomis, diantaranya adalah:

  1. Lebih baik memilih meja khusus laptop yang dibekali dengan fungsi untuk meninggikan dan juga membuatnya rendah, fitur ini memungkinkan Anda untuk setting lebih mudah ketinggian meja tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi penggunaan juga lebih sehat.
  2. Pilihlah meja yang terbuat dari bahan kayu dibandingkan dengan plastik, kayu ini memiliki kemampuan yang sangat bagus dalam menyerap panas radiasi, sehingga tak banyak nantinya yang akan terserap oleh tubuh Anda, berbeda dengan bahan-bahan yang lainnya. Jadi penggunaan juga lebih sehat.
  3. Pilihlah yang dibekali dengan grip bagus, dengan adanya grip atau bagian yang menahan permukaan laptop tersebut maka akan membuatnya lebih seimbang, tak akan mudah jatuh sehingga bisa menimpa kaki Anda.
  4. Pastikan juga fitur pelindung atau insulasi yang baik, fitur ini adalah bagian penting yang akan membuat laptop tersebut lebih sehat, meskipun digunakan dalam jangka waktu lama, karena insulasi yang menyerap panas bekerja secara lebih baik, tak banyak radiasi yang masuk kedalam tubuh penggunanya.

Mudah bukan, dengan pemilihan yang ergonomis bukan hanya keuntungan kesehatan saja yang didapatkan, melainkan juga kenyamanan, meskipun lama-lama menggunakannya tak akan memberikan efek sampai rasa sakit bagi tubuh. Meja laptop jenis ini banyak dijual di pasaran.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *