Macam-macam Penggunaan ID Card Modern

Macam-macam Penggunaan ID Card Modern

Bekerja di sebuah perusahaan besar, pastinya Anda memiliki banyak sekali rekan kerja. Untuk membedakan Anda dan pekerja lainnya, perusahaan akan memberikan NIK atau nomor induk karyawan sebagai nomor unik yang menyimpan semua data diri Anda termasuk kinerja dan penghasilan. Nomor induk tersebut bisa dicetak di sebuah ID card yang berbentuk kartu tanda karyawan dengan ukuran seperti kartu ATM maupun yang lebih besar dengan cara penyimpanan sebagai kalung. Dewasa ini, card dengan NIK tersebut bukan hanya sebagai identitas karyawan saja, namun juga digunakan untuk berbagai keperluan lain yang manfaatnya untuk menyimpan data pemilik kartu. Apa saja penggunaan kartu NIK modern, berikut ini daftarnya untuk Anda:

Macam-macam Penggunaan ID Card Modern 

  • Kartu absensi.

Pada bagian belakang kartu bisa terdapat sebuah barcode yang menggambarkan Nik Anda. Barcode tersebut bisa digunakan untuk melakukan absensi dengan cara discan menggunakan mesin absensi scanner. Mesin absensi akan menyimpan data absen Anda yang bisa dicopy ketika dibutuhkan untuk memberikan masukan uang makan atau uang absensi.

  • Kartu ijin masuk area.

Pada beberapa perusahaan atau instansi khusus, card ID juga bisa digunakan sebagai pembuka pintu di ruangan tertentu. Sebagai contoh adalah pada perusahaan penelitian atau militer yang menerapkan kerahasiaan berjenjang di mana beberapa ruangan hanya bisa dimasuki oleh anggota dengan pangkat tertentu saja. ID card bisa digunakan sebagai passcode untuk menentukan apakah Anda diizinkan masuk ke ruangan tersebut ataukah tidak.

  • Bukti karyawan.

Pastinya sebuah ID akan menjadi bukti bahwa Anda merupakan karyawan di perusahaan tersebut. Karenanya kartu ini bisa menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan kredit atau pinjaman. Ketika seorang karyawan keluar dari perusahaan maka kartu akan diminta untuk di hancurkan. 

Beberapa manfaat kartu ID tersebut di atas bisa terus bertambah sesuai dengan terus meningkatnya peranan teknologi. Bahkan di luar negeri, dengan menggunakan kartu pengenal jabatan, Anda bisa mengambil jatah makan siang yang sesuai dengan jabatan yang dimiliki. Selain itu, fungsi manual dari kartu pengenal adalah untuk mengenali karyawan dari foto yang terdapat pada kartu. Foto tersebut akan memudahkan petugas keamanan untuk membedakan mana karyawan asli dan mana penyusup yang mungkin masuk untuk melakukan tindakan yang merugikan.

Dengan banyaknya manfaat dari id card, sebaiknya Anda tak pernah lupa untuk membawanya ketika akan berangkat bekerja. Beberapa perusahaan bahkan tidak memperbolehkan karyawan tanpa membawa kartu pengenal untuk masuk ke area perusahaan demi faktor keamanan. Untuk mengingatkan Anda, kartu ID bisa dijadikan kalung ataupun disematkan pada kantung saku menggunakan pin khusus. Sedangkan kartu pengenal dengan bentuk kartu Atm bisa dimasukkan dengan mudah ke dalam dompet dan dibawa kemanapun Anda pergi.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *