Memaksimalkan Design Kantor Modern

Merencanakan pembangunan dan menentukan tema sebuah kantor harus dipersiapkan secara matang. Keberadaan kantor harus menunjang kelangsungan bisnis Anda, sehingga design kantor harus dibuat dengan bagus dan nyaman agar membuat para pekerja betah dan maksimal dalam menyelesaikan semua tugasnya. Jika demikian, ini tentu sangat baik untuk perkembangan perusahaan.

Bila Anda bingung, untuk menciptakan kantor ideal bagi perusahaan Anda, Anda bisa meniru tema dan design kantor dari beberapa perusahaan besar. Tidak perlu menirunya 100%, tapi modifikasi atau kembangkan lagi design yang sudah ada. Dengan demikian, kantor akan terlihat lebih segar dan berbeda. Berbagai tipe atau tema kantor pun bisa Anda gunakan, seperti kantor modern, kantor industrial, kantor minimalis, dan kantor open space. Pilihlah tema yang sesuai dengan bidang usaha, dan terutama yang sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Design kantor modern saat ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada kantor konvensional. Dengan tema dan design yang sudah baku, design ini cocok untuk berbagai jenis usaha. Design modern juga mencitrakan perusahaan yang berpandangan modern dan dapat melayani dengan profesional. Tema ini juga akan lebih menghemat biaya karena tidak menggunakan banyak ornamen dan hiasan ruangan yang tidak perlu.

Untuk memaksimalkan design kantor modern Anda, perhatikan hal-hal penting di bawah ini.

Sirkulasi udara dan pencahayaan

Aturlah dengan baik sistem pergantian udara dan tata letak lampu untuk pencahayaan ruangan.  Untuk menciptakan sirkulasi udara yang baik dan sehat bagi ruangan kantor dan karyawan Anda, gunakanlah sistem ventilasi terbaik.

Pencahayaan harus diatur dengan baik, agar mata tidak cepat lelah terlebih lagi bila bekerja di depan monitor komputer. Pencahayaan alami dapat diperoleh melalui pencahayaan samping yang berasal dari jendela dan pencahayaan atas yang berasal dari lubang atap. Jadi, bila ruang kantor Anda dekat dengan jendela, Anda bisa memanfaatkan cahaya matahari untuk mengurangi penggunaan lampu.

Interior kantor

Design interior kantor tentu harus dibuat dan direncanakan sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena setiap kantor memerlukan ruangan yang berbeda-beda, tentukanlah seberapa luas tiap ruangan yang diperlukan pada masing-masing bagian kantor agar kantor Anda tidak terlalu sempit atau terlalu luas.

Furniture atau perabot kantor

Pilihlah furniture atau perabot kantor yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Pilih juga design yang sesuai dengan karakteristik kantor Anda, apakah itu furniture modern, furniture klasik, atau furniture non-formal. Anda juga harus memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan karyawan Anda agar mereka bisa bekerja dengan maksimal. Untuk menghemat biaya dan ruang, sebaiknya Anda memilih furniture kantor yang multifungsi.

Demikianlah beberapa tips sederhana dalam memaksimalkan design kantor modern. Semoga bisa membantu Anda dalam menciptakan kantor yang ideal bagi Anda dan perusahaan Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *