Membuat Meja Lipat Untuk Belajar

Setiap pelajar tentunya membutuhkan meja untuk belajar. Meja belajar pada umumnya berukuran besar, karena fungsinya tidak hanya sebagai alas untuk menulis atau sandaran untuk membaca buku saja. Tapi juga untuk menyimpan buku-buku pelajaran dan alat tulis. Jadi, bisa digunakan sebagai lemari belajar. Sayangnya, meja belajar yang berukuran besar tidak dapat dibawa kemana-mana. Seperti kita tahu, anak-anak lebih suka untuk menulis sambil duduk di atas lantai. Tapi hal ini tentu saja tidak bisa dilakukan menggunakan meja yang punya kaki tinggi. Untuk itulah, kita membutuhkan meja lipat untuk belajar. Meja lipat untuk belajar, memang banyak tersedia di toko furniture atau toko buku, dengan aneka model yang cantik. Meskipun meja lipat banyak tersedia dengan corak dan motif yang bervariasi, tapi biasanya tidak awet dan mudah patah. Meja lipat yang banyak dijual pada umumnya mudah rusak, karena lebih mengutamakan desainnya saja. Kita tentunya akan kecewa setelah membelinya. Sudah keluar duit untuk beli, tapi meja lipat rusak atau patah dalam waktu seminggu atau lebih sedikit.

Kali ini kita akan membuat meja lipat untuk belajar yang kuat dan tidak mudah rusak. Meja lipat ini nantinya dapat digunakan untuk kegiatan belajar sehari-hari. Menulis di atas meja praktis ini tidak akan membuat anda merasa aman saat menyandarkan tangan di atasnya. Bahkan, siku tangan yang bersandar di atas meja lipat ini tidak akan membuatnya patah dan rusak. Meja lipat ini dapat dibawa kemana pun anda pergi. Anda juga tidak butuh banyak tempat untuk menyimpannya, karena bentuknya praktis dapat dilipat.

Untuk membuat meja lipat sendiri, siapkan alat-alat yang dibutuhkan seperti berikut ini :

Mesin bor Gergaji, pengukur siku (Alat untuk menyetel sudut siku), meteran (alat ukur), ampelas, papan dari kayu (Banyak dijual di toko bangunan), baut untuk melekatkan alas meja dengan penyangga, kayu reng berbentuk balok. Pastikan semua bahan dan alat disiapkan. Anda dapat memperoleh papan kayu di tempat penjualan kayu kiloan (sisa-sisa potongan bahan bangunan).

Langkah-langkah pembuatan meja lipat seperti berikut ini :

Langkah pertama, potong kayu reng hingga ukurannya menjadi 30 cm. Buatlah 4 potongan kayu yang sama panjangnya. Potong kayu lain dengan ukuran 20 cm sebanyak 4 buah. Buat palang tengah dan penyangga antar tiang dengan ukuran 20 cm. Lubangi ujung kayu menggunakan bor, pasangkan kayu panjang dengan pendek menggunakan baut. Buat lubang pada kayu panjang pada jarak 10 cm dari ujungnya. Lubang ini nantinya digunakan untuk tempat baut penyangga. Pasang semua bagian pada tempat seharusnya. Lekatkan papan kayu. Pastikan sisi dalam dan luar tidak terbalik. Pasang juga balok bagian bawah. Setelah semua bagian dipasang, coba untuk melipat meja tersebut. Haluskan permukaan kayu balok dan papan menggunakan ampelas. Jika anda membuatnya dengan benar, maka akan didapat meja lipat yang kuat dan tidak mudah patah. Anda tidak perlu khawatir lagi, saat anak sedang menulis menggunakan meja praktis ini. Mereka pun tidak jenuh saat belajar, karena meja ini dapat dibawa ke ruangan terbuka, tidak harus di kamar belajar. Semoga menjadi inspirasi bagi anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *