Memilih Kursi Kantor Agar Tidak Sering Nyeri Punggung

Memilih Kursi Kantor Agar Tidak Sering Nyeri Punggung

Kursi kantor adalah salah satu tempat yang paling penting di ruangan kantor dan instrumen dimana Anda menghabiskan waktu paling lama saat bekerja. Faktor kenyamanan ruangan kantor menjadi sangat penting karena dapat membuat suasana menjadi lebih kondusif. Pemilihan kursi pada ruang kantor menjadi salah satu faktor inti dalam membuat desain ruang kerja. Maka dari itu, Anda harus memilih kursi yang paling baik agar membuat suasana kerja menjadi lebih nyaman. Pemilihan kursi juga tidak sembarangan, harus memenuhi kriteria tertentu dan yang paling penting adalah tidak membuat nyeri punggung.

Memilih Kursi Kantor Agar Tidak Sering Nyeri Punggung

Salah satu penelitian mengungkapkan bahwa sebanyak produktivitas karyawan meningkat 17,5% ketika mereka menggunakan kursi kantor yang ergonomis. Selain itu, karyawan juga terhindar dari berbagai penyakit tulang dan punggung yang biasa diserang oleh para karyawan yang bekerja di kantor. Untuk Anda yang masih belum mengerti tentang bagaimana pemilihan kursi untuk kantor, akan dijelaskan secara rinci di sini.

Perhatikan Tinggi Rendahnya Kursi Kantor

Salah satu yang paling pertama untuk mengetahui kursi kantor tersebut baik atau tidak adalah pada titik pengaturan tinggi rendah kursi. Tinggi rendahnya kursi harus bisa diatur sedemikian rupa agar bisa disesuaikan dengan postur tubuh Anda sehingga telapak kaki dapat menapak dengan baik di lantai. Sebisa mungkin sudut antara tungkai dengan paha sebesar 90 derajat atau mendekati karena supaya beban tidak hanya berada di paha atau betis Anda.

Baca Juga : 4 JENIS FURNITURE KANTOR YANG PERLU DIPRIORITASKAN

Posisi tersebut merupakan yang paling nyaman untuk duduk. Apabila terlalu lama duduk menggantung, hal tersebut dapat membuat aliran darah hanya berpusat di area tubuh saja sehingga dapat mengganggu kesehatan tulang Anda. Dengan menggantung juga akan mempengaruhi postur tubuh Anda semakin lebih buruk.

Pemilihan Kursi Kantor yang Memiliki Sandaran Lengan

Selain tinggi rendah kursi, sandaran lengan juga faktor yang sangat penting dalam pemilihan kursi kantor. Ketika seorang karyawan duduk di kursi dan bekerja di depan layar atau laptop maka bagian tubuh yang sering digerakkan adalah lengan. Maka pilihlah kursi yang memiliki sandaran lengan yang juga dapat diatur ketinggiannya sehingga saat tangan Anda terasa pegal maka Anda tinggal menyandarkan tangan Anda ke sandaran tersebut.

Posisi yang baik pada saat menyenderkan lengan Anda adalah kurang lebih sebesar 90 derajat antara lengan atas dan bawah. Kemudian aturlah ketinggian sandaran lengan di kursi sesuai kenyamanan Anda, lalu mulailah untuk meletakkan lengan Anda. Posisi ini dapat mengurangi ketegangan pada bahu serta leher seusai bekerja.

Pemilihan Kursi Kantor yang Berkaki Roda

Sebaiknya pilih kursi kantor yang memiliki kaki roda agar Anda dapat bergerak secara fleksibel kemana pun. Mobilitas Anda saat bekerja dapat lebih mudah dilakukan tanpa harus berulang kali berdiri, apalagi jika hanya bergerak ke tempat yang sangat dekat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *