Memilih Mebel Kantor yang Menunjang Kinerja Karyawan

Memilih furniture untuk kantor memang gampang-gampang susah. Tidak semua perabotan cocok untuk diletakkan di kantor. Kantor merupakan tempat yang sangat formal, sehingga perabotan yang diletakkan di kantor juga harus terkesan formal. Salah satu kesulitan dalam memilih perabotan kantor adalah memilih perabotan yang benar-benar cocok dan tepat guna, terutama perabotan yang akan digunakan oleh staf atau karyawan dalam melakukan pekerjaannya. Kenyamanan, fungsi, dan nilai estetis menjadi pertimbangan yang harus diutamakan dalam memilih furniture untuk karyawan. Berikut ini beberapa kiat memilih mebel kantor yang dapat menunjang kinerja karyawan.

Mebel yang dapat menunjang kinerja karyawan adalah mebel yang nyaman digunakan namun tetap terkesan formal. Memilih kursi yang nyaman, misalnya, bukan berarti harus memilih kursi santai. Pilihlah kursi kerja dengan dudukan yang tidak keras dengan sandaran yang tegak. Kursi dengan sandaran miring ke belakang akan berpotensi membuat karyawan lebih malas. Bersandar dengan posisi miring akan membuat karyawan lebih mudah mengantuk. Jangan manjakan karyawan dengan diberi kursi kerja berbentuk sofa, kesan santai dan terlalu nyaman akan membuat karyawan bermalas-malasan.

Untuk meja kerja, pilihlah meja kerja dengan tinggi yang pas. Tinggi meja kerja harus disesuaikan dengan tinggi dudukan kursinya. Ukuran tinggi permukaan meja yang paling ideal adalah segaris lurus dengan perut seseorang ketika duduk tegak. Ukuran meja yang terlalu tinggi akan membuat karyawan lebih cepat lelah karena harus mendongak ketika sedang bekerja, sebaliknya meja yang terlalu rendah berpotensi dijadikan tempat merebahkan tangan. Luas meja kerja juga perlu diperhatikan dan harus disesuaikan dengan pekerjaannya masing-masing. Meja sekretaris, misalnya, sudah sepatutnya lebih lebar dibandingkan meja karyawan karena di meja sekretarislah berkas-berkas banyak ditumpuk.

Memilih meja kerja yang dilengkapi dengan laci juga sangat penting untuk privasi masing-masing karyawan. Dengan diberi meja yang dilengkapi dengan laci, setiap karyawan akan lebih bertanggung jawab akan barang-barangnya sendiri dan dapat menyimpan hasil pekerjaannya masing-masing. Lengkapilah meja kerja dengan alat-alat yang menunjang pekerjaan masing-masing karyawan.

Baca Juga: HARGA MEJA KERJA TERBARU UNTUK MEBEL KANTOR

Selain kenyamanan, pastikan mebel kantor yang Anda pilihkan untuk meja kerja karyawan Anda adalah furnitur yang aman. Penataan ruangan dan pemilihan perabotan yang tepat juga dapat membawa efektifitas dalam bekerja. Jarak antara satu meja karyawan dengan meja karyawan lainnya juga harus ditata dengan baik, dan bila perlu berilah sekat pemisah antar meja kerja agar mengurangi interaksi antar karyawan pada jam kerja.

Untuk menghindari kebosanan di tempat kerja, sediakanlah ruangan khusus atau tempat khusus bagi karyawan untuk rehat sejenak dari pekerjaannya. Terus-menerus berada di meja yang sama dalam waktu yang lama akan membuat karyawan gampang suntuk sehingga mudah stress. Sediakanlah ruangan khusus yang dilengkapi dengan sofa untuk dijadikan tempat melepas lelah. Itulah beberapa kiat memilih mebel kantor yang dapat menunjang kinerja karyawan. Kenyamanan dan keamanan karyawan harus diprioritaskan demi meningkatkan produktifitas kinerja mereka.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *