Menata Ruang Kerja Agar Lebih Nyaman dan Tidak Membosankan

Menata Ruang Kerja Agar Lebih Nyaman dan Tidak Membosankan

Bisnis baru, kantor pun baru. Sama halnya dengan keluarga yang pindah rumah, seorang pengusaha pun juga akan bahagia jika memasuki ruangan kantor baru. Tidak heran, banyak yang akan langsung menyewa jasa desain profesional dalam menata ruang kerja mereka. Terlepas dari penggunaan jasa interior atau tidak kami akan membagikan desain ruangan yang bisa dijadikan inspirasi bagi Anda.

Menata Ruang Kerja Agar Lebih Nyaman dan Tidak Membosankan

Konsep Ruang Kerja yang Lebih Fresh

Bisnis baru di era modern dapat memberi Anda menonjolkan ciri khas diri sebagai pemilik usaha kreatif. Hindari pemakaian meja kerja yang kaku dan berat, warna-warna kayu atau gelap yang konvensional, sampai pajangan profesional yang telah sering terlihat di berbagai ruang kerja. Sebaliknya, ciptakan jati diri Anda sebagai owner usaha baru sesuai dengan batasan dan aturan tertentu. Pilihlah gaya furnitur casual apabila memungkinkan atau desain ruangan kantor dengan konsep terbuka yang lenggang.

Optimalkan Ruang Kerja Anda

Dengan mendirikan sebuah bisnis baru yang masih belum padat, bukan berarti Anda boleh menata ruang kerja tanpa strategi yang tepat. Ruang kantor merupakan salah satu pengeluaran atau biaya terbesar bagi perusahaan, sehingga optimalkan desain yang tepat sejak awal. Hal itu merupakan strategi yang jitu untuk ruang kantor yang dapat dipakai hingga jangka waktu yang lama. Taktik terbaik dalam mengoptimalkan ruangan di kantor baru adalah dengan membuat ruang kantor yang fungsional, misalnya bentuk meja kantor yang tersusun secara kubikel atau efisien. Sebaiknya pisahkan ruang kantor khusus untuk kegiatan dokumen misalnya arsip, mesin fotokopi, atau alat tulis.

Berbagai Dekorasi dan Penataan Ruang

Ternyata dekorasi yang tepat dapat memicu tingkat produktivitas yang lebih tinggi pada usaha Anda. Tidak hanya dekorasi dinding berupa poster dengan quotes motivasi tetapi juga dekorasi lainnya juga harus diperhatikan. Penerangan yang baik juga akan membuat karyawan Anda terhindar dari sakit mata, selain itu juga terhindari rasa lelah, sakit kepala, atau rasa kantuk. Biasanya pada suhu ruangan kantor terdapat pendingin ruangan yang diatur sangat dingin, sebaiknya hindari hal seperti itu.

Aturlah pendingin ruang yang tidak terlalu dingin atau mendekati suhu ruangan normal agar karyawan tetap dapat bekerja dengan nyaman. Selanjutnya gunakan wewangian ruangan berupa aromaterapi, meskipun tidak mutlak ada beberapa aromaterapi yang dapat meningkatkan produktivitas kerja. Seperti bau pinus yang dapat meningkatkan kewaspadaan, kayu manis berguna menajamkan fokus, kemudian lavender yang dapat mencegah stres. Pastikan juga untuk mengecek apakah ventilasi atau saluran udara sudah berjalan dengan baik.

Owner bisnis baru pasti sangat memusatkan pikirannya pada ruang kantor yang akan dibuat, jadi ciptakanlah ruang kerja yang nyaman dengan membuat tambahan karpet lembut, dekorasi yang atraktif, hingga tirai jendela yang menarik. Letakkan tanaman juga sebagai aksen penyegar di dalam ruangan kantor.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *