Mengenal 8 Jenis Perlengkapan Kantor dan Fungsinya

Selain sudah melengkapi peralatan kantor, saarnya membeli beberapa barang lagi. Perlengkapan kantor (office stationary) adalah segala sesuatu yang dibutuhkan oleh kantor untuk melengkapi peralatan yang ada di dalam kantor. Biasanya, perlengkapan kantor itu berupa barang-barang kecil, sering digunakan dan akan cepat habis serta harganya tidak terlalu mahal. Perlengkapan kantor bisa dibeli di supermarket maupun toko buku dan peralatan tulis.

Melalui artikel ini, yuk, kita mengenal 8 jenis perlengkapan kantor dan fungsinya. Apa saja sih?

  • Kertas

Di setiap kantor tentu ada kertas karena kertas menjadi kebutuhan pokok untuk menopang aktivitas kantor. Kertas bisa digunakan untuk menulis, mencetak maupun menggambar. Kertas yang umum digunakan untuk perlengkapan kantor biasanya berjenis HVS (houtvrij schijfpapier) ukuran A4 (21 cm x 29.7 cm) dan F4/Folio (21.6 cm x 33 cm) dengan ketebalan mulai dari 700-100 gram.

  • Pulpen

Tak hanya buat sekolah pulpen juga digunakan untuk kantor. Pulpen adalah peralatan yang sering digunakan untuk kegiatan menulis di atas kertas. Alat ini berupa mata pena berujung tajam yang dilengkapi pegangan pensil berisi kantong tinta yang bisa diisi kembali. Semakin pesatnya perkembangan teknologi, pulpen memiliki banyak varian yang bisa dipilih dan dibeli dengan tingkatan harga dan kualitas yang berbeda. Bahkan ada di kalangan pebisnis yang menjadikan pulpen sebagai alat untuk meningkatkan citra personal. Jenis pulpen antara lain: pulpen fountain, pulpen ballpoint, pulpen gel, pulpen rollerball dan pulpen hi-tecpoint.

Baca Juga : MEMILIH FURNITURE MINIMALIS UNTUK KANTOR MINIMALIS

  • Tipe-X

Tipe-X digunakan untuk menghapus tulisan di atas kertas yang ditulis dengan pulpen atau hasil print-out.

  • Penjepit kertas

Digunakan untuk menyatukan lembaran kertas untuk jangka waktu sementara. Bentuknya kecil dan mudah dilepas.

  • Pensil dan penghapus

Pensil adalah alat untuk menulis, menggambar atau menuangkan ide atau gagasan di atas kertas. Sifatnya yang fleksibel atau mudah digunakan dan dihapus membuat alat ini cocok untuk dipakai dalam perancangan yang belum final. Secara umum, kita mengenal 2 jenis pensil yakni yang berukuran HB dan 2B yang dibedakan berdasarkan pekat tidaknya.

  • Tinta printer

Penggunaan jenis tinta tergantung dari jenis printer yang digunakan. Secara umum, tinta printer memiliki 4 warna primer sesuai standar cetak yakni cyan, magenta, yellow dan key/black (CMYK).

  • Flashdisk, Memory card, dan Eksternal Disc

Alat ini digunakan sebagai penyimpanan data-data digital selain di komputer. Selain sebagai penyimpanan, alat ini juga digunakan untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer yang lainnya.

  • Kop surat dan amplop

Kop surat digunakan untuk menunjukkan identitas perusahaan. Untuk mengirim surat yang sudah dibubuhi kop surat, gunakan amplop sebagai pembungkus surat. Amplop yang difungsikan sebagai branding usaha biasanya desainnya menarik yang akan menimbulkan kesan yang baik bagi penerimanya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *