Mengenal Apa Manfaat dan Bagaimana Cara Penanganan Alat – Alat kantor

Peralatan kantor harus dimiliki oleh perusahaan atau instasi, karena merupakan sarana penting untuk menghasilkan pekerjaan kantor. Jika tidak ada alat-alat kantor maka tidak mungkin pekerjaan bisa beres. Misalnya seorang sekretaris melakukan kegiatan surat menyurat, mencetak dokumen, mengirim file dsb membutuhkan alat untuk menunjang pekerjaannya. Misalnya membutuhkan komputer, printer, kertas dsb.

Manfaat Perlalatan Kantor

Ada banyak manfaat peralatan kantor yang bisa dirasakan. Secara garis besar fungsi alat kantor antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai sarana penyimpanan dokumen atau arsip.
  2. Sebagai alat untuk mempercepat pekerjaan.
  3. Sebagai alat untuk meringankan pekerjaan.
  4. Membantu mempermudah pekerjaan.

Alat–alat kantor adalah alat yang digunakan untuk membantu pekerjaan selesai dengan benar dan tepat. Misalnya : kertas, printer, penjepit kertas, ballpoint dsb.

Berdasarkan waktu pemakaiannya, alat kantor bisa dibagi menjadi dua jenis yaitu sebagai berikut:

  • Alat yang habis dipakai adalah barang barang yang hanya bisa digunakan satu kali atau beberapa kali saja. Misalnya: tinta, ballpoint, amplop, kertas, penjepit kertas dan lain sbagainya.
  • Alat yang tidak habis dipakai adalah barang barang yang dapat dipakai berulang kali dan tidak akan habis. Sifatnya tahan lama, seperti: gunting, flasdick, penggaris dan lain sebagainya.

Selain itu ada juga jenis perlatan kantor berupa furniture atau mebel, misalnya: lemari, rak, meja, kursi dsb. Ada banyak jenis model furniture yang enak dan tepat digunakan untuk kebutuhan menunjang aktivitas dikantor, misalnya: berbagai jenis model lemari bisa Anda pilih, apakah lemari besi dengan beberapa laci, lemari tanpa pintu atau lemari yang ditempel didinding.

Baca Juga:TIPS DAN TRIK MENATA DESAIN INTERIOR KANTOR MINIMALIS LEBIH NYAMAN

Penanganan Peralatan Kantor

Untuk menangani masalah alat-alat kantor yang digunakan untuk satu staf atau satu divisi di kantor biasanya berdasarkan beberapa langkah, yaitu sebagai berikut:

  • Pengadaan Peralatan

Yang dimaksud dengan pengadaan peralatan adalah suatu usaha untuk memperloleh atau melengkapi peralatan sesuai dengan kebutuhan yang sudah ditentukan melalui pembelian, pembuatan oleh sendiri, penyewaan dan lain-lain.

  • Penyimpanan peralatan

Penyimpanan bertujuan menampung peralatan yang meliputi segi pencatatan pendataan barang milik kantor, maupun pendataan secara fisik yaitu penyimpanan barang-barang itu sendiri.

  • Pengeluaran

Pengeluaran barang adalah kegiatan menyalurkan barang dari unit penyediaan barang (gudang) ke bagian kepala unit berdasarkan permintaan yang sebelumnya sudah diajukan. Setiap barang yang keluar harus dicatat di buku pengeluaran barang.

  • Pemeliharaan

Selain pengadaan peralatan, yang tidak kalah penting adalah pemeliharan barang. Pemeliharaan menjaga barang awet, tidak mudah rusak sehingga masih bisa dipakai sewaktu-waktu jika diperlukan.

  • Penghapusan

Penghapusan alat-alat kantor adalah suatu aktivitas meniadakan atau menghilangkan barang yang sudah ada di dalam daftar barang yang tersedia (infentaris). Penghapusan dilakukan atas dasar aturan yang diberlakukan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *