Mengenal Jenis Mesin Hitung Uang yang Banyak Dipakai Saat Ini!

Mengenal Jenis Mesin Hitung Uang yang Banyak Dipakai Saat Ini!

Uang adalah alat tukar yang saat ini digunakan di seluruh dunia. Tentunya perputaran uang menjadi sangat cepat dimanapun. Di perkantoran pun demikian dimana perputaran uang yang dipakai perusahaan pun pasti tak sedikit. Tak heran jika banyak yang membutuhkan mesin hitung uang saat ini. Mesin penghitung uang merupakan alat yang bisa berfungsi untuk hitung berapa banyak jumlah uang yang ada. Tak hanya uang kertas, namun uang logam juga bisa dihitung memakai mesin ini.

Mengenal Jenis Mesin Hitung Uang yang Banyak Dipakai Saat Ini! 

Biasanya mesin seperti ini banyak ditemukan di jasa perbankan. Dengan adanya mesin penghitung uang, maka teller akan kian mudah dalam menghitung uang di jumlah yang besar dibanding ketika menghitung sendiri. Meski demikian Anda perlu tahu jika mesin penghitung uang ada beberapa jenis. Berikut ini beberapa jenisnya:

  • Mesin penghitung uang tipe portable untuk uang kertas

Mesin ini memiliki kemampuan dalam menghitung uang kertas. Bentuknya cenderung kecil serta mudah untuk bisa dibawa jika Anda ingin berpindah tempat. Mesin hitung uang tipe portable ini tersedia dalam dua jenis, yakni:

  • Mesin penghitung uang friction dimana mesin hitung ini perhitungannya dilakukan dengan meletakkan uangnya di bagian tempat uang yang telah tersedia. Ikatan uang harus dilepaskan lebih dulu dan nantinya uang akan bisa terhitung. Seusai perhitungan selesai, maka jumlah nominal dari uang akan bisa langsung tertera di layar yang sudah disediakan. Desainnya portable sehingga bisa leluasa dipindahkan ketika memang diperlukan.
  • Mesin penghitung uang vacum. Untuk mesin jenis ini perhitungannya dilakukan dengan meletakkan uang di bagian yang sudah disediakan. Anda tak perlu buka ikatan uangnya karena mesin penghitung tetap bisa melakukan penghitungan. Seusai perhitungan selesai, maka jumlah nominal dari uang akan bisa langsung tertera di layar yang sudah disediakan. Mesin yang satu ini lebih cepat kinerjanya dibanding jenis friction. Desainnya portable sehingga bisa leluasa dipindahkan ketika memang diperlukan.
  • Mesin penghitung uang tipe standing untuk uang kertas

Perbedaan mesin penghitung uang yang satu ini dengan yang lainnya bisa terlihat dari kapasitas di bagian hopper, kecepatan penghitungan hingga kemampuan dalam penghitungan untuk beragam ukuran kertas. Ditambah lagi mesin ini memiliki fitur tambahan mulai dari penutup untuk anti debu serta anti bising. Ada juga fitur berupa kecepatan menghitung yang beragam hingga adanya tambahan berupa LED display.

  • Mesin penghitung uang logam

Sesuai namanya, mesin ini dipakai dalam penghitungan uang logam. Ada beberapa merk yang tersedia mulai dari Glory, NCL, Cisco, Gunnebo dan Laurel.

Itulah beberapa jenis mesin hitung uang yang ada di pasaran. Dengan mengetahui jenis mesin penghitung uang, maka pemilihannya pun akan bisa lebih mudah.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *