Mengenal Lebih Banyak Jenis-Jenis Perlengkapan Kantor

Secara sederhana perlengkapan kantor bisa diartikan sebagai perlengkapan yang menunjang dan mempermudah pekerjaan para pegawainya di kantor.  Ada beragam jenis perlengkapan untuk kantor yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

Ambil contoh perangkat komputer dan printer, dengan peralatan tersebut pegawai lebih mudah mencetak dokumen yang terdapat di komputer tanpa harus pergi keluar mencari tempat printer. Selain praktis, memiliki printer sendiri mempermudah pegawai untuk bekerja cepat. Berikut adalah beberapa peralatan yang biasanya sering digunakan pada sebuah instansi dan perusahaan.

Perbekalan Kantor

Perbekalan kantor atau office supplies adalah jenis peralatan yang akan habis pemakaiannya. Biasanya peralatan jenis ini digunakan untuk kegiatan menulis. Yang dimaksud dengan habis disini bukan berarti tidak ada bekasnya, ada beberapa jenis peralatan yang bisa digunakan kembali (isi ulang), seperti: tinta, lem, penghapus, paper clip, jepitan kawat, kertas dsb.

Peralatan Kantor

Peralatan kantor yang dimaksud disini adalah alat-alat kantor yang digunakan untuk mendukung pekerjaan, khususnya dibagian tata usaha, seperti: kalender, penggaris, rak kecil untuk menyimpan perbekalan kantor dsb.

Peralatan mesin

Peralatan mesin kantor atau office machine adalah alat kantor yang digunakan untuk mencatat, menghimpun dan mengolah berbagai jenis bahan atau data yang berhubungan dengan pekerjaan. Mesin kantor adalah barang-barang yang bekerja secara elektornik, magnetic atau mekanik. Beberapa jenis mesin kantor adalah: kalkulator, mesin tik, mesin foto copy, printer, scanner, komputer,  pesawat telepon, cctv,

Perabotan Kantor

Perabot kantor atau office furniture adalah perlengkapan kantor yang terbuat dari bahan yang kuat, seperti: kayu atau baja.  Jenis-jenis perabotan yang digunakan dikantor adalah: meja kantor, kuris dan lemari kantor. Ketiga jenis perabotan tersebut bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, baik berdasarkan ukuran, model maupun fungsinya.

Hiasan Kantor

Suasana kantor bisa dibuat menjadi lebih santai dan nyaman dengan adanya hiasan interior. Dengan suasana yang menyenangkan bisa meningkatkan semangat pegawai dan mengurasi stress. Beberapa hiasan kantor antara lain seperti: bunga atau tanaman hias hidup, akuarium, lampu hias, lukisan, hiasan dinding dan lain sebagainya.

Perabotan Kantor Model Tempelan

Furniture yang sedang trand sekarang adalah jenis furniture minimalis yang penempatan dan modelnya sangat praktis, mengikuti ruangan dan tidak menyita banyak tempat. Begitupun furniture kantor.

Baca Juga: FUNGSI KURSI KANTOR DI SEBUAH INSTANSI ATAU PERUSAHAAN

Sekarang muncul beberapa model dan jenis furniture minimalis atau disebut model tempelan. Disebut tempelan karena didesain melekat menjadi satu dengan bagunan kantor / menempel di dinding. Jenis perabotan tempelan biasanya adalah lemari atau rak.

Alat Bantu Peraga

Alat bantu peraga fungsinya sangat penting, terutama pada waktu rapat. Alat ini membantu mempelanjar komunikasi antara penyaji dan pendengar rapat. Beberapa jenis alat bantu peraga kantor adalah: LCD, OHP, Televisi, microphone.

Demikian pembahasan mengenai jenis-jenis perlengkapan kantor, karena fungsinya sangat penting maka harus dibarengi dengan merawatnya agar tidak mudah rusak.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *