Menilik Barang Apa Saja yang Merupakan Peralatan Kantor

Menilik Barang Apa Saja yang Merupakan Peralatan Kantor

Banyak yang sering salah kaprah dalam mengelompokkan barang-barang kantor termasuk dalam kategori peralatan atau justru perlengkapan kantor. Dalam akuntansi, terdapat pembeda antara peralatan untuk kantor dengan perlengkapan kantor. Peralatan kantor adalah suatu alat yang berguna untuk mendukung berjalannya suatu pekerjaan dengan memiliki ciri-ciri lebih tahan lama dibandingkan dengan perlengkapan kantor yang bersifat sekali pakai.

 

Untuk perlengkapan kantor sendiri memiliki pengertian barang-barang yang dimiliki oleh perusahaan yang bersifat habis pakai atau bisa dipakai berulang-ulang dan berbentuk relatif kecil dengan fungsi utamanya untuk melengkapi kebutuhan kerja kantor, seperti contohnya kertas, pensil, penghapus, nota, tinta printer, bolpoin, penggaris, dlsb. Lalu barang seperti apa saja yang termasuk kategori peralatan ini?.

Peralatan ini umumnya memiliki ciri yaitu masa pemakaian yang lebih dari satu tahun, mengalami penyusutan dan merupakan asset tetap kantor. Berikut ini beberapa contoh peralatan untuk kantor, diantaranya adalah:

Filling Kabinet.

Kabinet biasanya berfungsi untuk menyimpan dokumen-dokumen perusahaan maupun tempat untuk menyimpan perlengkapan kantor yang baru. Untuk menyimpan dokumen, biasanya dilakukan penomoran/ pemberian kode pada masing-masing kabinet.

Mesin penghancur kertas.

Berfungsi untuk menghancurkan kertas yang sudah tidak dipakai lagi.

Mesin penghitung uang.

Mesin yang satu ini juga sering digunakan oleh perusahaan untuk menghitung uang supaya lebih cepat dan teliti.

Perforator.

Sering disebut juga dengan pelubang kertas karena fungsinya untuk melubangi tepian dokumen yang akan dimasukkan dalam arsip.

Mesin absensi.

Mesin ini sangat membantu untuk perusahaan dengan jumlah pegawai yang lebih dari 100 orang untuk kegiatan absensi.

Cash box.

Berfungsi untuk menyimpan uang.

Stapler.

Berfungsi untuk menyatukan kertas dalam jumlah banyak.

Komputer

Peralatan elektronik seperti komputer termasuk ke dalam kategori peralatan kantor. Fungsinya yang untuk memproses data-data seperti input data dan membuat laporan.

Printer.

Membantu untuk hasil keluaran dari data-data yang dicetak.

Mesin fotocopy.

Untuk mencopy beberapa dokumen dengan lebih efisien.

Alat sortir.

Biasanya digunakan untuk menyortir antara surat yang diterima, diproses, dikirim dan yang disimpan ke dalam folder.

Meja kursi kantor.

Meja kursi kantor sangat mendukung proses kerja kantor.

Flashdisk.

Berguna untuk back up dan tempat penyimpanan file-file komputer berupa arsip maupun tugas pekerjaan.

Jenis peralatan kantor yang dimiliki masing-masing perusahaan tentu berbeda-beda. Tetapi satu cirri yang pasti adalah sama-sama memiliki kegunaan untuk mendukung kelancaran jalannya suatu pekerjaan. Dan berbagai peralatan yang tadi disebutkan hanyalah sebagian kecil saja yang hampir dimiliki di setiap hampir seluruh perusahaan. Dan setiap perusahaan pasti mempunyai cara dalam mengelola peralatan kantornya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *