Menilik Daftar Harga Komputer Terfantastis di Dunia yang Tidak Dijual

Komputer kini menjadi salah satu alat elektronik yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat karena fungsinya yang salah satu diantaranya adalah bisa membantu untuk editing gambar. Umumnya, harga komputer yang ada di pasaran hanya berkisar jutaan rupiah namun berikut ini, yang sayangnya tidak dijual adalah beberapa jenis komputer yang memiliki harga hingga triliyunan yang harus Anda ketahui untuk menambah pengetahuan Anda.

Pertama adalah Sequoia BlueGene/G. Super komputer yang dikembangkan IBM di Juni 2012 tepatnya di Laboratorium Nasional Lawrence Livermore ini dibuat atau dikembangkan untuk NNSA yang menjadi bagian dari agenda untuk peningkatan simulasi dan program komputer. Superkomputer ini menjadi salah satu yang tercepat di dunia dengan ukuran 20 flop dan memiliki kalkulasi 20 trilyun per detiknya. Super komputer dari IBM ini memiliki harga USD 250 juta atau kurang lebih Rp 3,31 trilyun rupiah dan bermanfaat untuk mempelajari astronomi, perubahan iklim, energi, senjata nuklir dan genom manusia.

Kedua adalah Trinity. Harga komputer ini adalah sekitar USD 174 juta atau kurang lebih sebanyak 2,3 trilyun rupiah. Komputer yang dirancang oleh pemerintah Amerika Serikat untuk National Nuclewar Securty Administration atau NNSA. Komputer yang dibuat ini adalah gabungan antara laboratorium Nasional Snadia dengan Los Alamos dimana keduanya adalah bagian dari agenda peningkatan simulasi dan program komputer untuk NNSA.

Ketiga adalah SuperMUC yang berada di Jerman. Komputer super yang dibanderol dengan harga USD 111 juta atau kurang lebih Rp 1,47 trilyun ini termasuk sebagai Superkomputer yang tercepat yang ada di dunia. Superkomputer ini menggunakan Linux sebagai sistem operasinya yang menggunakan 19000 Intel dan juga processor westmere-EX yang memiliki ukuran di atas 3 PFLOPS. Dengan sistem yang telah dikembangkan sebelumnya oleh IBM yang dikenal dengan sistem aquasar atau bentuk pendinginan, membuat komputer ini mampu memangkas penggunaan listrik hingga 40%. Komputer ini digunakan oleh para ilmuwan di Eropa untuk keperluan medis, analisis genom, kehidupan ilmuwan, simulasi gempa bumi, astrophyscis ataupun kimia komputer.

Keempat adalah Vulcan BlueGene/Q yang berasal dari AS. Komputer yang diciptakan oleh IBM dan ditempatkan di Laboratorium Nasional Lawrence Livermore, LIVermore, California, AS ini diciptakan untuk DoE. Superkomputer ini dilengkapi dengan sistem 24-rack, 5 PetaFLOPS sehingga tidak heran jika Superkomputer ini selain menjadi salah satu perangkat dengan harga komputer yang fantastis dengan USD 100 juta atau Rp 1,33 trilyun juga termasuk sebagai salah satu komputer tercepat yang ada di dunia. Superkomputer yang menjadi generasi ketiga setelah BlueGene/L dan BlueGene/P ini diklaim memiliki kecepatan beroperasi sekelas PFLOPS yang menggunakan daya konsumsi yang rendah. Tidak heran jika Superkomputer dari IBM ini digunakan untuk penelitian seperti untuk misi DoE dan NNSA, bidang biologi, sistem molekular, fisikla plasma, iklim dan cuaca.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *