Model-Model Lemari Perlengkapan Kantor

Lemari adalah salah satu perlengkapan kantor yang harus ada. Berdasarkan kegunaan atau fungsinya, lemari bisa dibedakan menjadi beberapa jenis. Simak uraian fungsi dan jenis-jenis lemari berikut ini:

Fungsi Lemari

Semua perkantoran pasti memiliki arsip, dokumen dan surat-surat yang harus disimpan dengan rapih. Misalnya surat masuk dan keluar harus disimpan di dalam map. Namun menyimpan surat di dalam map saja tidaklah cukup, dikhawatirkan dokumen dan arsip rusak terkena air, lembab dan tercecer kemana-mana. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dibutuhkan lemari yang berfungsi menyimpan perlengkapan kantor. Ada beberapa jenis lemari yang bisa Anda pilih berdasarkan fungsinya, yaitu:

  • Lemari Warkat

Seperti namanya lemari ini digunakan untuk menyimpan warkat atau dokumen mentahan. Yang dimaksud dengan dokumen mentahan adalah dokumen yang tidak dalam bentuk file namun masih berupa lembaran-lembaran kertas.

  • Lemari Rak

Lemari rak adalah lemari yang digunakan untuk menyimpan segala macam dokumen bisa berupa buku-buku, laporan yang sudah dibendel atau yang sudah dimasukkan ke dalam map / odner.

Baca Juga : MENGENAL LEBIH BANYAK JENIS-JENIS PERLENGKAPAN KANTOR

  • Lemari Brankas

Lemari brankas atau disebut juga dengan cash box adalah lemari yang digunakan untuk menyimpan dokumen penting, surat-surat berharga atau uang. Lemari ini dilengkapi dengan sistem keamanan berupa kunci atau kode rahasia yang hanya pemegang lemari saja yang memiliki/ mengetahuinya.

  • Filling Cabinet

Filling cabinet adalah lemari yang digunakan untuk menyimpan dokumen yang sudah beres atau selesai diproses dan sudah dijadikan arsip perusahaan.

Tips Memilih Lemari Kantor yang Tepat

Memilih lemari untuk kantor harus sesuai denga kebutuhan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan saat Anda memilih lemari untuk di kantor:

  • Ukuran, pastikan ukurannya sesuai dengan ruangan di mana lemari tersebut akan ditempatkan. Pilih lemari yang ukurannya tidak terlalu besar atau tidak terlalu kecil. Pastikan lemari mampu menampung kebutuhan.
  • Bahan, ada dua jenis bahan yang biasanya digunakan untuk lemari kantor yaitu : bahan kayu dan besi. Anda bisa memilih sesuai dengan konsep ruangan kantor. Namun kebanyakan diperkantoran memilih lemari yang bahannya terbuat dari besi atau baja karena lebih tahan lama dan kuat. Kelebihan lemari bahan besi adalah dari segi perawatannya yang mudah dan praktis sehingga tidak membutuhkan biaya khusus perawatan.
  • Pertimbangan lainnya yang tidak kalah penting saat memilih lemari kantor adalah segi keamanannya. Pastikan lemari yang dipilih sudah dilengkapi sistem keamanan, pastikan juga apakah kuncinya berfungsi dengan baik atau tidak.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya lemari di kantor fungsinya sangat penting. Lemari kantor digunakan untuk menyimpan arsip-arsip, baik arsip yang belum selesai, sedang dikerjakan maupun arsip yang sudah sleesai.

Dengan adanya lemari akan lebih mudah menyimpan perlengkapan kantor dan mengorganisir semua dokumen, arsip dengan rapih dan benar. Sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan tidak kesulitan mencarinya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *