Model Rumah Super Hemat Biaya

Banyak orang memandang membangun rumah zaman sekarang ini semakin rumit. Mereka beranggapan bahwa biaya yang diperlukan untuk membangun sebuah rumah itu sangat banyak. Padahal tidak juga. Kita masih bisa menyiasatinya dengan menggunakan model rumah alternatif yang unik dan super hemat biaya.

Memang kita masih bisa membeli rumah lewat KPR. Namun, saya yakin akan lebih menyenangkan bila bisa membangun rumah sendiri. Selain itu, kita juga bisa mengatur pengeluaran pembiayaannya. Setuju? Bila iya, mari kita simak beberapa model rumah yang saya rekomendasikan untuk Anda.

  • Rumah bambu

Seiring dengan semakin bergaungnya konsep rumah ramah lingkungan, model rumah bambu kini semakin digandrungi. Berbagai inovasi rumah minimalis dari bahan bambu pun bermunculan. Rumah bambu menumbuhkan suasana yang adem, sejuk, dan cantik.

Selain mudah didapat, harga bambu pun sangat terjangkau. Cukup dengan Rp20.000-25.000, Anda sudah bisa mendapatkan 1 batang bambu. Sayangnya, walaupun dari sisi biaya sangat irit, model rumah bambu masih belum banyak diaplikasikan di kawasan perkotaan di Indonesia. Mungkin masih banyak orang yang menganggapnya ketinggalan zaman. Padahal, berbagai desain modern dapat diaplikasikan ke rumah bambu.

  • Rumah kotak simetris

Rumah berbentuk kotak akan menghabiskan material yang lebih sedikit daripada rumah dengan banyak lekukan. Rumah banyak lekukan menuntut pengerjaan yang rumit dan membutuhkan banyak material.

Model rumah ini banyak dijumpai di negara Jepang karena orang-orang di sana sangat menyadari pentingnya efisiensi biaya pembangunan rumah. Dengan atap berbentuk pelana, perisai, atau miring searah, biaya pembangunan rumah kotak simetris ini akan jauh lebih murah.

  • Rumah kayu

Banyak orang menganggap model rumah kayu ketinggalan zaman. Padahal di kawasan Eropa dan Amerika Utara masih banyak orang yang mendirikan rumah dengan bahan dasar kayu.

Di zaman yang serba mahal sekarang ini, membangun rumah dari bahan kayu sangat dianjurkan. Rumah kayu memiliki nilai artistik yang tinggi, proses pembangunannya cepat, dan biayanya jauh lebih hemat. Model rumah ini sangat cocok di Indonesia yang rentan terkena hawa panas saat musim kemarau tiba, apalagi dengan adanya pemanasan global. Berbeda dengan rumah modern masa kini yang didominasi oleh kaca yang bisa menimbulkan dampak negatif pemanasan global, rumah kayu bisa mengubah hawa panas menjadi sejuk bila berada di dalamnya. Kalau rumah kayu semakin berkembang dan banyak dipakai masyarakat maka efek pemanasan global akan terkurangi.

Anda tidak perlu khawatir dengan varian modelnya. Anda bisa mencontoh beberapa model rumah kayu modern dari berbagai negara.Ingin desain nyentrik namun tetap sederhana? Cobalah membangun rumah kayu bergaya country alias rumah koboi. Atau Anda juga bisa mengadopsi rumah kayu gaya Jepang yang lebih menonjolkan riasan landscape mini di depan rumah. Rumah kayu gaya Jepang mengadopsi bentuk limas dengan bahan keseluruhan terbuat dari kayu.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *