Pembagian Jenis-Jenis Perabot Kantor, Mempermudah Karyawan Membereskan Pekerjaan Kantor

Perlengkapan atau perabot kantor memiliki peranan penting suatu intansi untuk menunjang pekerjaan  para karyawan. Perlengkapan kantor yang disediakan dalam jumlah dan pilihan jenis yang beragam akan mempermudah pekerjaan.

Contohnya jika memiliki mesin printer atau mesin foto copy tentu akan memudahkan karyawan untuk mencetak dokumen langsung dari komputer kantor tanpa harus pergi ke rental atau tempat foto copy. Jika harus keluar tentu akan repot dan membuat waktu kerja menjadi tidak efektif.

Berikut adalah jenis-jenis perlengkapan kantor yang umumnya dibutuhkan dan sering digunakan:

Office Suplies

Perlengkapan office supplies berupa benda-benda yang akan habis pemakaiannya. Yang termasuk perlengkapan kantor jenis ini adalah benda yang biasanya digunakan untuk menulis. Walaupun termasuk benda yang akan habis bukan berarti tidak ada bekasnya atau tidak dapat digunakan kembali.  Contohnya: macam-macam kertas, ballpoint, karet penghapus, lem, tinta printer, paper clip, staples, jepitan kawat dan lain sebagainya.

Office Appliences

Perlengkapan kantor office appliences berupa peralatan yang digunakan untuk pekerjaan tata usaha, yaitu alat-alat yang tidak terbuat dari mesin. Contohnya: Bak surat, kalender, penggaris, pena, tangkai pena, gunting, bantalan cap, cap tanggal dan lain sebagainya.

Baca Juga: MACAM-MACAM PERABOT KANTOR YANG WAJIB ADA

Office Machine

Peralatan office machine adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan, mencatat dan mengolah bahan-bahan tersebut. Biasanya digunakan dalam pekerjaan tata usaha. Perabot kantor jenis ini bekerja menggunakan magnetik, mekanik dan elektronik. Contohnya: mesin hitung (calculating machine), mesin tik, mesin fotocopy, komputer, mesin label, telephone dan lain sebagainya.

Office Furniture

Peralatan office furniture adalah perabot kantor yang umumnya terbuat dari bahan-bahan yang tahan lama dan kuat. Seperti: kayu, besi atau baja. Beberapa contoh jenis perabot office furniture adalah sebagai berikut:

  • Meja Kantor

Meja kantor memiliki persyaratan, seperti; permukaan meja harus tertutup semuanya dan bagian bawahnya harus mempunyai kaki-kaki yang terbuka. Selain itu luas meja tidak boleh berlebihan juga tidak boleh terlalu kecil. Pastikan permukaan meja tidak mengkilat karena jika mengkilat bisa mengganggu/ menyilaukan karyawan yang menggunakannya.

  • Kursi Kantor

Sama halnya dengan meja, memilih kursi kantorpun harus sesuai dengan syarat-syaratnya, yaitu: dapat diatur tinggi rendahnya, sesuai dengan bentuk tubuh, bahannya kokoh, memiliki penyangga punggung.

  • Lemari Kantor

Jenis-jenis lemari kantor bisa diklasifikasikan berdasarkan kegunaannya, antara lain:

  • Lemari warkat yaitu lemari yang biasanya digunakan untuk menyimpan dokumen dalam bentuk lembaran kertas.
  • Lemari rak yaitu lemari yang digunakan untuk menyimpan dokumen, berupa surat, buku atau kertas laporan yang sudah dibundel atau sudah dimasukkan dalam odner.
  • Lemari brankas adalah lemari yang digunakan untuk menyimpan uang atau surat berharga perusahaan.
  • Lemari cabinet adalah lemari untuk menyimpan dokumen biasanya arsip perusahaan. Lemari model ini dilengkapi laci atau rak.

Perusahaan atau instansi sudah seharusnya menyediakan fasilitas berupa peralatan kantor. Karena perlengkapan tersebut dapat meningkatkan kinerja karyawan. Penggunaan perabot kantor juga harus diperhatikan agar tidak mudah rusak.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *