Pembahasan Seputar Pemeliharaan dan Perawatan Perlengkapan Kantor

Perawatan perlengkapan kantor harus dilakukan dengan benar dan tepat, karena peralatan kantor berfungsi menunjang pekerjaan agar lebih lancar dan cepat. Jika tidak bisa menyebabkan kinerja alat menjadi menurun bahkan bisa jadi rusak. Jika demikian banyak pekerjaan pegawai yang terhambat dan dampaknya bisa tidak tercapainya tujuan atau planning perusahaan atau instansi itu sendiri.

Pada dasarnya aktivitas dan kegiatan di kantor terjadi karena para pegawai melakukan kerja mengolah, mencatat dan kegiatan lainnya dari bahan-bahan yang ada dengan sarana perlengkapan kantor yang disediakan. Oleh sebab itu perbekalan kantor menjadi salah satu hal penting yang ada dan digunakan sebaik baiknya.

Cara pemeliharaan dan perawatan barang-barang kantor

Walaupun dikantor biasanya sudah disediakan pegawai yang bertugas membersihkan peralatan, tidak ada salahnya setiap pegawai berperan menjaga dan memelihara peralatan. Apalagi peralatan tersebut digunakan oleh Anda setiap hari.

Berdasarkan macam-macam perawatan dan pemeliharaan, dapat dibedakan menjadi dua yaitu:

  • Berdasarkan waktu
  • Berdasarkan jenis barang

Adapun cara pemeliharaan dan perawatan barang-barang dikantor hendaknya memperhatikan beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Membersihkan barang secara teratur terutama setelah digunakan.
  • Memisahkan barang yang rusak dan yang masih bisa digunakan.
  • Menyimpan barang pada tempatnya dengan baik sesuai dengan jenis dan modelnya masing-masing.
  • Menyimpan kembali barang yang sudah digunakan pada tempat penyimpanannya seperti semula.
  • Menggunakan dan mengoperasikan barang-barang kantor sesuai dengan aturan dan petunjuk pemakaiannya.

Cara Perawatan Barang-Barang Kantor

Peralatan kantor bisa dibagi menjadi 5 macam yaitu: peabotan, peralatan, mesin, peawat dan barang interior. Cara perawatan barang-barang kantor berbeda-beda tergantung jenis peralatannya itu sendiri.

Baca Juga : MODEL-MODEL LEMARI PERLENGKAPAN KANTOR

Ambil contoh perawatan pada printer dan scanner akan berbeda. Namun yang terpenting adalah membersihkan peralatan dari kotoran dan debu yang menempel.

Jika didiamkan terlalu lama, debu dan kotoran bisa menumpuk membuat kinerja alat menurun. Untuk membersihkan bagian dalam mesin bisa meminta bantuan ahlinya karena kadang ada beberapa komponen yang rusak. Jika Anda ingin membersihkannya sendiri cari lebih banyak bagian-bagian dari barang yang akan Anda bersihkan.

Umumnya bagian dalam mesin dibersihkan dengan menggunakan bantuan kapas atau lap dan dengan cairan alcohol. Sebelum membersihkan bagian dalam mesin pastikan mesin dalam keadaan mati (tidak tersambung dengan aliran listrik, jika mesin yang dibersihkan masuk ke dalam jenis barang elektronik).

Ada banyak manfaat jika barang-barang kantor dirawat dan dipelihara, salah satunya adalah barang menjadi lebih awet dan tahan lama. Selain itu pemeliharaan yang baik bisa menghindari penyimpanan yang tidak teratur, menghindari kehilangan sehingga menghasilkan pekerjaan yang baik.  Demikian pembahasan singkat seputar perlengkapan kantor, semoga artikel ini bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *