Pembahasan Seputar Penanganan Peralatan Kantor Yang Baik

Peralatan kantor secara sederhana dapat diartikan alat-alat atau barang-barang yang digunakan untuk kebutuhan pekerjaan para karyawan kantor. Dengan pengadaan alat kantor membantu para karyawan menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat dan tepat.

Perlengkapan Kantor Berdasarkan Penggunaannya

Ada banyak jenis alat-alat kantor, seperti: kertas, ballpoint, komputer, printer, heckter, pinsil, map dan masih banyak peralatan lainnya. Berdasarkan penggunaannya alat kantor dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Peralatan yang habis pakai yaitu barang-barang yang hanya bisa digunakan satu kali saja. Sifatnya tidak tahan lama, contohnya: amplop, karbon, penjepit kertas, tinta dsb.
  • Peralatan yang tidak habis pakai yaitu barang-barang yang pemakaiannya bisa berulang kali. Sifatnya tahan lama, contohnya: gunting, penggaris, heckter dsb.

Penanganan Perlengkapan Kantor

Untuk menangani pengadaan peralatan kantor tidak bisa sembarangan, harus dikelola dengan baik. Jika tidak hasilnya bisa mengakibatkan kerugian pada kantor itu sendiri. Umumnya cara menangani masalah pengadaan perlengkapan kantor berdasarkan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Proses Pengadaan

Proses pengadaan perlengkapan kantor merupakanusaha yang tujuannya untuk memperoleh barang-barang yang dibutuhkan. Bisa didapat dengan cara membeli, membuat sendiri atau menyewa.

  • Proses Penyimpanan

Penyimpanan barang-barang kantor menjadi hal yang penting, proses ini meliputi berbagai kegiatan mulai dari proses pencatatan ke dalam buku pengadaan, maupun penyimpanan barang secara fisik. Penyimpanan yang terorganisir memudahkan karyawan kantor menemukan peralatan dan membuat barang tertata rapih tidak berserakan.

  • Proses Pengeluaran Barang

Penggunaan barang atua pengeluaran barang dari penyimpanan (unit pergudangan) harus berdasarkan permintaan setiap unit karyawan dan setiap pengeluaran barang harus dicatat di buku pengeluaran barang.

Baca Juga: PENJELASAN LENGKAP SEPUTAR PERALATAN KANTOR

  • Proses Pemeliharaan

Pemeliharaan barang menjadi kegiatan yang penting dan harus dilakukan secara terus menerus. Tujuannya agar barang tetap terjaga dan terpelihara dengan baik, sehingga siap dan tersedia saat diperlukan.

  • Proses Penghapusan

Penghapusan disini adalah proses menghapus, menghilangkan atau meniadakan barang-barang dari daftar infentaris berdasarkan aturan yang ditetapkan oleh kantor.

Fungsi Perlengkapan Kantor

Manajemen proses penanganan barang-barang kantor harus dilakukan dengan serius dan terrencana, karena fungsinya sangat vital untuk kelangsungan pekerjaan dan kegiatan di dalam kantor itu sendiri.

Fungsi perlengkapan kantor adalah sebagai alat untuk mempercepat, membantu mempermudah, memperingan pekerjaan di dalam kantor. Ada banyak sekali jenis peralatan yang masuk ke dalam jenis perlengakapan kantor, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Alat penghancur kertas
  • Filling cabinet
  • Mesin absesni
  • Perforator atau alat pelubang kertas
  • Map untuk menyimpan arsip
  • Alat sortir adalah alat untuk memisahkan surat yang diterima, harus diproses, dikirimkan dan yang harus disimpan pada masing-masing forder.

Masih banyak sekali jenis-jenis peralatan kantor yang fungsinya membantu mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *