Pengertian dan Istilah Map atau Kotak Folder

Pengertian dan Istilah Map atau Kotak Folder

Banyak sekali yang menggunakan alat untuk menyimpan arsip jenis ini, namun masih banyak yang belum mengerti istilah yang sebenarnya dari stopmap atau banyak menyebut dengan map dalam bahasa inggris folder, namun saat masuk era sekarang banyak yang menyebut kotak folder dengan desain yang lebih keras dibandingkan dengan stopmap.

Pengertian dan Istilah Map atau Kotak Folder

Mari kita bahas agar kita lebih paham secara istilah tidak hanya sekdar tahu saja, stopmap atau kotak folder ialah sebuah tempat yang berfungsi sebagai alat untuk menyimpan berkas atau atau dokumen agar mudah untuk mencarinya dan agar tidak berantakan diruangan kantor anda.

Fungsinya saat anda membutuhkan berkas  atau laporan yang hanya bersifat hanya lembaran bahkan terkadang hanya satu lembar saja lebih mudah dan tidak terselip dengan kertas-kertas yang berserakan di ruang kerja anda dan alat ini salah satu alat yang membantu dalam mengorganisir berkas atau dokumen.

Kotak folder seiring perkembangan jaman dan teknologi tidak hanya kertas yang menjadi bahan untuk membuat map atau folder tersebut saat ini sudah tersedia dari bahan yang terbuat dari bahan plastik, bahan-bahan yang sering digunakan agar lebih awet seperti plastic atom, karton, kertas buffalo dan jenis kertas yang kuat, mika kaku dan layak untuk folder.

Untuk desain dari folder tersebut tidak ada yang baku atau mengharuskan menggunakan satu warna atau warna tertentu karena itu tergantung kantor atau lembaga menginginkan seperti apa. Untuk saat ini map dicetak dengan logo-logo lembaga atau kantor sebagai identitas dari agar lebih rapi dan sedap untuk dipandang.

Selain dicetak sesuai dengan identitas kantor sebaiknya agar anda juga lebih mudah untuk mencari dokumen yang anda butuhkan sebaiknya dikasih tanda, lebel dan nama judul dari isi folder tersebut. Namun biar tampak rapi waktu dicetak bisa dipesankan langsung lebel yang anda inginkan, jika tidak anda bisa menggunakan stiker itu juga simple dan efisien.

Dengan memiliki map yang baik seudah dipaastikan dokumen bisnis dikantor anda semakin lebih rapi dan lebih baik penataannya sserta bisa diandalkan manajemen arsipnya yang terorganisir. Kami akan menjelaskan beberapa map arsip diantaranya sebagai berikut.

  • Kotak folder folio ialah map yang memiliki daun penutup di sisi-sisinya. Fungsinya sebagai menahan surat didalam stopmap folio tidak jatuh, biasa stopmap jenis ini digunakan untuk menyimpan arsip atau dokumen yang sudah tidak aktif atau tidak sering digunakan agar lebih aman dibendel dan diikat menggunakan tali.
  • Map snelhecter ialah map yang memiliki penjepit terletak pada tengah map. Jenis map ini tidakseperti stopmap folio, karena tidak memiliki daun penutup. Map ini sering digunakan untuk dokumen yang sering tidak aktif atau dokumen lama.
  • Folder ialah map yang tidak memiliki daun penutup. Bahan dari map ini berupa lipatan yang berbahan kertas tebal atau bisa dari bahan plastik saja. Karena tidak ada daun penutupnya, maka map ini fungsinya untuk menyimpan arsip yang selanjutnya akan dimasukkan ke dalam kotak arsip secara vertikal.

Demikian penjelasan tentang stopmap/kotak folder untuk pengarispan di kantor agar lebih rapi dan teroargnisir, semoga bermanfaat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *