Perabot Kantor Yang Anda Butuhkan

Perabot Kantor Yang Anda Butuhkan – Ketika sebuah perusahaan didirikan, tentu akan banyak faktor penunjang yang dibutuhkan demi kelanjutan usaha perusahaan tersebut. Pembelian berbagai macam barang seperti perlengkapan kantor, peralatan kantor, furniture kantor hingga perabotan kantor tak lepas dari kebutuhan primer perusahaan. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah agar kantor bisa menyeleraskan antara harapan atau target dan karyawan yang menjadi titik kesuksesan perusahaan.

Dalam suatu kantor tentunya harus memiliki perabot kantor untuk menunjang kerja karyawannya. Perabot kantor umumnya terbuat dari bahan kuat seperti kayu atau baja yang digunakan untuk pekerjaan anda dan merupakan sarana kantor yang tidak habis pakai dan dapat digunakan berulang-ulang untuk jangka waktu yang lama.

Adapun yang termasuk dalam perabotan kantor yang anda butuhkan adalah sebagai berikut:

  • Meja kantor

Meja kantor yang baik harus memiliki beberapa persyaratan, seperti: 1). dari permukaan meja sampai lantai tidak tertutup seluruhnya, bagian bawahnya harus mempunyai kaki-kaki yang cukup terbuka untuk tempat sirkulasi udara, 2). Permukaan meja tidak berkilat-kilat sehingga tidak menyilaukan karyawan yang memakainya, 3) Luas meja kantor tidak berlebihan. Maksudnya, permukaan meja tidak terlalu lebar agar segala sudutnya bisa dijangkau dengan tangan oleh orang yang menggunakannya. Contoh beberapa jenis meja:

Baca Juga : MENGENAL 8 JENIS PERLENGKAPAN KANTOR DAN FUNGSINYA

  1. Meja samping. Disebut juga meja return. Biasanya dipakai oleh sekretaris pimpinan.
  2. Meja direksi. Biasanya bentuk dan desainnya agak sedikit berbeda karena dapat mewakili karakter seseorang yang mempunyai jabatan penting dalam perusahaan tersebut.
  3. Meja rapat. Biasanya disesuaikan dengan selera perusahaan dan digunakan untuk rapat.
  4. Meja resepsionis digunakan untuk menerima tamu atau tempat memberi dan mengetahui informasi yang berhubungan dengan perusahaan.
  5. Meja staf adalah meja yang dipakai oleh staf terutama bagian administrasi atau tata usaha
  • Kursi

Kursi kantor yang baik adalah kursi yang harus memenuhi persyaratan seperti: 1). Dapat diatur tinggi rendahnya, 2). Dibuat secara kokoh, 3). Disesuaikan dengan bentuk badan orang, 4). Mempunyai penyangga belakang

  • Lemari

Lemari dapat dibedakan berdasarkan fungsinya, seperti:

  1. Lemari-lemari warkat, digunakan untuk menyimpan warkat atau dokumen yang belum difile atau disimpan.
  2. Lemari rak, digunakan untuk menyimpan dokumen seperti buku, laporan yang sudah dibundel atau dimasukan odner.
  3. Lemari brankas, biasanya digunakan untuk menyimpan sesuatu yang penting milik perusahaan.
  • Filling cabinet, digunakan untuk menyimpan dokumen yang telah selesai diproses dan dijadikan sebagai arsip perusahaan.
  • Laci-laci kartu

Bentuknya menyerupai filling cabinet. Hanya saja laci-laci kartu ini lebih kecil bentuknya.

  • Rak arsip

Fungsinya sama dengan filling kabinet yaitu sebagai tempat untuk menyimpan dokumen. Hanya saja rak arsip ini tidak membutuhkan pintu sehingga kita akan mudah menemukan file yang dibutuhkan apalagi dalam keadaan mendesak.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *