Peralatan Kantor Dan Fungsinya

Dalam artikel ini kita akan mengulas mengenai peralatan kantor yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan. Ada banyak sekali peralatan yang dibutuhkan di kantor, mulai dari barang-barang yang kecil, sering digunakan dan umumnya cepat habis. Biasanya jenis peralatan tersebut harganya tidak terlalu mahal. Perlengkapan kantor tersebut disebut office stationary.

Mendapatkan office stationary tidak susah karena sudah banyak tersedia di pasaran. Bisa dibeli di supermarket, toko alat tulis maupun toko-toko buku. Apa saja yang termasuk office stationary yang sering digunakan di kantor? Simak ulasannya berikut ini:

Kertas

Kertas adalah perlengkapan yang dibutuhkan untuk menulis, menggambar atau mencetak file yang terdapat di komputer. Ada banyak kegunaan kertas, sehingga kertas menjadi salah satu kebutuhan pokok yang menunjang aktivitas pekerjaan.

Umumnya kertas yang digunakan untuk pekerjaan kantor adalah jenis HVS atau Houtvrij schrijfpapier, ukuran A4= 21cmx29,7cm dan ukuran folio/ F4= 21,6cmx33cm. ketebalannya bermacam-macam, mulai dari 70 gram sampai 100 gram.

Pinsil dan Ballpoint

Peralatan kantor berikutnya adalah pinsil dan ballpoint, yang dapat digunakan untuk menulis atau menggambar. Dengan adanya perlengkapan ini semua hal yang berhubungan dengan ide gagasan bisa diungkapkan di atas kertas.

Pinsil sifatnya fleksibel, mudah digunakan. Jika terjadi kesalahan bisa dengan mudah dihapus. Pinsil biasanya dipakai untuk membuat rancangan sementara. Ada beberapa jenis ukuran pinsil yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, mulai dari ukuran HB sampai 8B. Perbedaan ukuran pinsil mempengaruhi kepekatan warnanya.

Ballpoint atau pulpen adalah peralatan yang digunakan untuk menulis di atas kertas. Ujungnya lancip dilengkapi dengan pegangan kantong tinta. Ada jenis pulpen yang tintanya bisa diisi kembali jika sudah habis.

Tipe-X

Tipe-x adalah cairan putih yang digunakan untuk menghapus tulisan yang ditulis menggunakan pulpen. Biasanya tipe-x dikemasa dalam botol kecil yang ujungnya runcing yang fungsinya sebagai landasan untuk menghapus.

Penjepit Kertas

Penjepit kertas atau disebut juga dengan Paper-Clip adalah perlengkapan kantor yang fungsinya untuk menjepit/ menyatukan lembaran-lembaran kertas agar tidak berceceran. Paper-clip ukurannya kecil dan tersedia dalam beragam warna. Cara memasang dan melepaskannya sangat mudah.

Umumnya paper-clip digunakan untuk menyatukan kertas yang jumlahnya tidak begitu banyak. Sedangkan untuk menyatukan kertas yang jumlahnya banyak bisa menggunakan binder-clip yang daya jepitnya lebih kuat.

Stempel

Stempel adalah perlengkapan kantor yang fungsinya sebagai alat pengesahan berbagai korespondensi dan transaksi perusahaan. Stempel memiliki peranan penting untuk mewakili identitas perusahaan. Selain itu stempel menjadi alat penguat keputusan pimpinan dan sebagai bentuk pertanggungjawaban. Bentuk stempel bermacam-macam, ada yang bulat, oval, kotak, segi lima dsb.

Selain peralatan kantor yang sudah disebutkan di atas, masih banyak perlengkapan lainnya yang memiliki fungsinya masing-masing, seperti: penggaris, stop map, amplop, kop surat, tempat kartu nama dsb.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *