Peralatan Kantor yang Perlu Dimiliki Seorang Sekretaris

Pekerjaan administrasi merupakan pekerjaan yang banyak diterjuni oleh seorang wanita terutama untuk posisi sekretaris. Seorang sekretaris bisa juga dikatakan manager atasannya karena bertugas untuk mencatat semua yang berhubungan dengan pekerjaan atasan. Untuk itu sekretaris haruslah orang yang cekatan, rajin, teliti, dan komunikatif sehingga bisa melakukan tugas-tugasnya dengan baik. Selain itu semua, terdapat beberapa peralatan kantor yang juga wajib dimiliki seorang sekretaris untuk bisa melakukan tugasnya dengan lebih mudah. Apa saja peralatan tersebut? Berikut ini contohnya.

  • Agenda.

Buku agenda sangat penting untuk dimiliki oleh seorang sekretaris. Sekretaris hendaknya memiliki 2 buah agenda yaitu satu untuk agenda atasan dan satu buah lagi untuk dirinya sendiri. Pada agenda atasan, sekretaris bisa mencatat semua janji temu yang harus dilakukan oleh atasannya. Selain itu juga bisa digunakan untuk mencatat nomor telepon penting seperti rumah keluarga atasan atau tanggal ulang tahun keluarga atau kolega penting.

  • Papan alas tulis.

Menjadi sekretaris seorang kontraktor seringkali membuat Anda harus mengikuti atasan pergi untuk mengecek lapangan atau proyek yang sedang berjalan. Seringkali di lapangan Andapun harus menulis hasil pengecekan. Untuk memudahkan hal tersebut sebaiknya Anda membekali diri dengan papan alas tulis sehingga tidak perlu mencari meja untuk menulis berbagai hal penting.

  • Stabilo.

Peralatan kantor ini simple namun sangat dibutuhkan. Seorang sekretaris biasanya diberi tugas untuk menyaring informasi atau surat yang ditujukan oleh atasan sehingga atasan bisa menghemat waktu untuk membacanya. Penyaringan bisa dilakukan dengan memberi warna pada kalimat penting sehingga ketika atasan membacanya bisa membaca hanya yang telah di stabilo saja untuk mendapatkan point-point pentingnya. Keahlian dalam merumuskan kalimat atau laporan dalam hal ini sangat penting dimiliki agar menghasilkan resume laporan yang sesuai dengan maksudnya.

  • Notebok.

Gadget yang satu ini merupakan alat bantu yang bisa digunakan dimana saja dan kapan saja. Saat mengikuti atasan rapat, Anda bisa membawa notebook kecil untuk mencatat semua yang penting atau hasil rapat tersebut. Sebaiknya memilih notebook yang ringan dan tipis sehingga memudahkan Anda untuk menyimpan dan membawanya.

Itulah berbagai peralatan kantor yang wajib dimiliki oleh seorang sekretaris dalam usaha untuk menunjang pekerjaannya. Menjadi sekretaris membutuhkan tanggung jawab yang besar sesuai dengan jenis pekerjaan yang diembannya. Karena itu bekal peralatan yang lengkap dan canggih sangat diperlukan sehingga ia bisa bekerja dengan maksimal tetapi lebih mudah. Rapikan peralatan yang Anda gunakan di meja kantor sehingga Anda selalu siap ketika sewaktu-waktu membutuhkan peralatan tersebut untuk mencatat sesuatu. Ada kalanya Anda diminta mendampingi atasan untuk rapat di luar kota sehingga memerlukan tas sebagai wadah berbagai peralatan yang diperlukan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *