Perawatan Peralatan Kantor Yang Baik Dan Benar

Peralatan kantor yang tersimpan ataupun yang digunakan harus dirawat dengan baik agar pada waktu akan digunakan peralatan siap digunakan. Selain itu perawatan peralatan dapat memperpanjang usia barang, artinya akan lebih menghemat anggaran kantor.  Alat-alat kantor dapar diartikan barang-barang atau peralatan yang digunakan untuk membantu pegawai menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat, mudah dan benar.

Ada banyak jenis alat-alat kantor, contohnya: lemari cabinet, komputer, printer, scanner, mesin foto copy, alat-alat tulis kantor (ATK), kertas, map, gunting, ballpoint dan masih banyak peralatan lainnya yang fungsinya untuk menunjang pekerjaan. Agar peralatan kantor dapat bertahan lama alias awet harus dirawat dengan cara yang benar dan baik. Jika tidak akan lebih mudah rusak, akibatnya pekerjaan akan menjadi terganggu.

Manfaat Perawatan Alat-Alat Kantor

Manfaat lainnya merawat alat-alat kantor adalah sebagai berikut:

  1. Dapat memperpanjang umur barang sehingga tidak harus diganti dalam waktu yang lama sehingga lebih menghemat anggaran pengeluaran.
  2. Barang-barang yang dirawat dengan benar akan terhindar dari kerusakan.
  3. Menghindari kehilangan karena terpantau dan disimpan dengan baik.
  4. Menghindari barang tergeletak dimana saja sehingga tidak perlu sibuk mencarinya jika sedang dibutuhkan.
  5. Dengan merawat barang dengan baik hasil pekerjaannya pun akan lebih baik.

Cara memelihara alat-alat harus sesuai dengan kriteria-kriterianya, diantaranya adalah sebagai berikut:

Menurut Tempat Barang

  • Disimpan di dalam gudang atau termpat persediaan

Cara perawatannya adalah dengan cara meletakkan barang yang tepat dan kondisi yang selalu terkontrol sepanjang waktu. Jika perlu berikan pengaman untuk melindungi barang dari kerusakan. Misalnya: peralatan kantor yang terbuat dari logam dirawat dengan cara disemprot cairan anti karat.

  • Sedang dalam pemakaian

Jika barang sedang dalam pemakaian, gunakan perawatan dengan cara dibersihkan dan diletakkan di tempat yang aman. Misalnya: komputer yang digunakan harus rajin dibersihkan dengan rutin dan matikan sambungan listriknya jika sudah tidak digunakan lagi.

Baca Juga: PEMBAHASAN SEPUTAR PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN PERLENGKAPAN KANTOR

Menurut Jenis Barang

  • Barang bergerak

Yang dimaksud dengan barang bergerak adalah barang yang bisa dipindahkan. Perawatannya harus sesuai dengan prosedur dan jika terjadi kerusakan harus segera diservice.

  • Barang tetap

Yang dimaksud barang tetap adalah peralatan yang tidak bisa dipindahkan. Barang-barang yang masuk ke jenis barang tetap cara perawatannya harus digunakans esuai dengan prosedur yang tepat. contohnya: kran air, listrik harus dimatikan jika sudah tidak digunakan lagi.

Menurut Kurun Waktu

  • Perawatan rutin

Adalah perawatan yang dilakukan sehari-hari, yaitu meletakkan di tempat yang aman, membersihkan dan menggunakannya sesuai dengan prosedur.

  • Perawatan berkala

Adalah perawatan peralatan kantor yang dilakukan dengan waktu berkala atau berdasarkan kurun waktu, misalnya: mingguan, bulanan, triwulan, semester atau tahunan. Pemilihan waktunya bisa disesuaikan dengan jenis barang.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *